Kejurda Road Race Seri IV dan Grand Opening Sirkuit Permanen di Tanjung Selor, Kalimantan Timur

Aksi pembalap...

Sebagai orang yang berasal dari Kalimantan Timur terutama kabupaten Bulungan tentu saya patut bangga. Pemberdayaan olah raga motorsport sangat diperhatikan pemerintah daerah. Untuk menunjang kegiatan tersebut dibangunlah Sirkuit Permanen Bumi Rahayu yang terletak di daerah Desa Bumi Rahayu berjarak sekitar 15 km dari kota Tanjung Selor, ibu kota kabupaten Bulungan.

Layout Sirkuit Bumi Rahayu

Sirkuit Bumi Rahayu di klaim sebagai sirkuit terpanjang di wilayah Kaltim. Panjang lintasan mencapai 1.401 m. Dengan lebar 10 m ( pada lintasan start dan finish ) dan lebar 8 m pada body track. Luas lahan yang digunakan untuk membangun sirkuit tersebut memakan area 32 Ha. Selain itu, sirkuit Bumi Rahayu ditunjang juga oleh fasilitas Padock Permanen 1 unit dan Tribun Utama yang berukuran 63 x 12 m. Untuk area parkir dibagi menjadi dua, yaitu untuk pengendara motor dengan luas lahan 75 x 50m dan parkir roda 4 dengan luas mencapai 75 x 125 m. Sirkuit ini sudah mencapai standarisasi nasional dalam cabang balap motor (road race). Sirkuit ini juga setara dengan Sirkuit Permanen Binuang Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan yang biasa menggelar kejuaraan nasional Indoprix.

Bangunan Tribun Penonton

Sebenarnya sirkuit tersebut sudah dibangun sejak tahun 2006 dan baru selesai tahun 2010. Dana yang digunakan untuk membangun sirkuit tersebut adalah dana APBD Kab. Bulungan dengan pagu anggaran mencapai 12 milyar rupiah. Untuk saat ini sebenarnya oleh PEMDA setempat masih direncanakan lagi untuk menambah Sirkuit Motocross dan Grasstrack yang mana letaknya berada di sebelah barat arena Road Race. Namun masih pada tahap perencanaan.

Garis Start

Untuk memperkenalkan kepada masyarakat sekaligus grand opening digelarlah kejuaraan daerah (Kejurda) Road Race seri IV wilayah Kaltim hari sabtu dan  minggu kemaren (24 dan 25/9). Pembalap-pembalap yang hadir merupakan produk lokal asli Kaltim. Datang dari berbagai daerah,  beradu ketangkasan dan kelihaian menunggangi mesin beroda dua. Pesertanya meliputi wilayah Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, Sangata, Bontang, Kutai Kartanegara, Bulungan ( sebagai tuan rumah ), Malinau, Berau, Nunukan, dan Tarakan. Kelas yang dilombakan sangat lengkap sesuai standar Motoprix mulai dari MP1 hingga MP7 dan ditambah beberapa supporting class.

Besarnya animo penonton

Salah satu pembalap nasional andalan kaltim yang hadir yaitu Fitriansyah Kete yang bernaung di team Lanay Jaya. Pembalap ini tentu tidak diragukan lagi kemampuannya mulai dari Indoprix hingga Asian GP. Selain mengikuti balapan juga memberikan coching clinic kepada pembalap lokal kaltim.

Pembalap andalan Kaltim; Firiansyah Kete

Dengan dibangunya sirkuit permanen ini tentu saja menambah banyaknya sirkuit permanen di Indonesia. Sirkuit pemanen itu tentu saja akan menambah skil pembalap dan mekanik karena layout nya tidak akan berubah-ubah seperti sirkuit non permanen. Tentu saja sirkuit ini sudah layak menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motoprix region IV Kalimantan bahkan Kejurnas Indoprix yang memang hanya digelar di sirkuit permanen. Sebagai piramida pembinaan motorsport roda dua tentunya sarana yang layak akan menghasilkan bibit-bibit unggul pembalap dari mulai road race hingga ke arena Moto Gp nanti kelak…

Aksi pembalap dilihat dari tribun

About these ads

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 26 September 2011, in Motorsport and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 15 Komentar.

  1. New Jupiter-Z sudah mengunci juara motorprix di region ini.

  2. mantabz BULUNGAN..
    SECEPATnYA KEJURNAS DI SIRKUIT INI…

  3. Eko restaluhu kiper terbaik di kabupaten tenggarong

    Kalaimantan selalu di depan satria f,,,ku ja blm keluar nhi,,,,,hahaha dh lewat arena tu,,,hahahaha q di span,,?

  4. sep..semoga indoprix tahun depan..kalimantan kebagian 2-3 seri..

  5. mantap sih…kaltim banyak sirkuit permanen…
    tetapi turnamennya yg sepi klo di jawa sirkuit permanenya sedikit…evenya yg banyak hampir tiap minggu..wajar..
    klo disana lebih maju dari daerah kita..

    oce…

  6. Wah… gwe bermimpi jika suatu saat nanti ada ajang MotoGp yg bakalan di gelar di Kal-Tim Tg.Selor karena selama ini gwe hanya menonton MotoGp di Sirkuit Phillips Island Melbourne Australia. Gwe pengen banget suatu hari nanti gwe pulang ke Tg.Selor & menonton Live MotoGp di kampung halaman sendiri sekalian gwe udah kangen banget ama bekas sekolahan gwe SMEA N 1 Tg.Selor dekat pasar Impres. Smoga aja impian gwe bisa jadi kenyataan, meski aku udah lama meninggalkan Tg.Selor bukan berarti aku lupa ama kampung halaman sendiri. Aku kangen ama orang2 dari suku ku sendiri “DAYAK KENYA UMA’LIM” dan semoga aja Tg.selor lebih maju di bandingkan tahun 1992 lalu. Salam dari Amamy Pedawa from Melbourne Australia buat masayarakat Bulungan Tg.selor

  7. semoga fasilitas pendukung sirkuit cepat di selesaikan,dan safety sirkuit juga cepat di selesaikan..

    gasss poollll “@pro 481 racingteam”

  8. jawa punya mtr kencang!!!
    tapi kalimantan pnya joki setan .,!!!!

  9. hayat pembalap cilik

    bulan 10 ad kejurnas nii , pastii banyak pembalap yang datangg ..

  10. dimana kejurnas bulan 10???n tgl brp gan???

  11. sayang aku terjatuh pdhal sudah aku balap satu persatu mnyesal aku bah.., sirkwit non permanen abu-abu berau ryan nanda shogun biru MP 5

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 722 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: