Speedspark Unlimited Dynopiggy : Solusi Modifikasi Motor Injeksi

Semakin banyaknya motor injeksi di Indonesia membutuhkan modifikasi yang berbeda pula. Hampir setiap pabrikan sudah memiliki line-up motor injeksi, contohnya Yamaha: V-Ixion, Honda: Supra X 125 PGM-Fi, Revo AT, PCX 125, CBR 250 Kawasaki: KLX 250 dan D-Tracker 250, Suzuki: Shogun 125 Fi (kabarnya sudah tidak diproduksi lagi).


Untuk modifikasi mesin motor injeksi dengan silinder tunggal dibutuhkan ECU yang lebih advance untuk mengatur debit bahan bakar serta timming pengapian. Misalkan saja pergantian knalpot standar dengan knalpot racing freeflow makan debit bahan bakar harus di atur ulang seperti mengatur spuyer di motor yang masih berteknologi karburator.

Speedsparks Unlimited Dynopiggy yang sebelumnya masih berupa beta version kini telah rampung. Piggyback dengan kemampuan bukan hanya sebagai programmable fuel controller dan programmable ignition controller, tetapi juga mampu menggeser (mengatur ulang) limiter tachometer layaknya sebuah ECU (engine control unit) stand alone.

Asyiknya lagi, Speedsparks Unlimited Dynopiggy tak lagi monopoli Yamaha V-Ixion saja, melainkan bisa diterapkan ke motor injeksi lainnya.

Setelah melakukan banyak revisi pada versi pendahulu, Speedsparks Unlimited Dynopiggy kini juga memiliki kemampuan untuk ‘belajar sendiri’ (self learning). Maksudnya, mampu mengatur mapping injeksi bahan bakar secara otomatis yang berhubungan dengan perbandingan udara dan bahan bakar alias AFR (air fuel ratio).

Cara kerjanya dengan membandingkan kurva waktu akselerasi (time curve acceleration) terbaik yang dicatat melalui fasilitas data logging. Waktu akselerasi terbaik inilah yang selanjutnya dipilih sebagai mapping injeksi terbaik.

Metode self learning pada Speedsparks Unlimited Dynopiggy merupakan solusi PNP untuk masalah AFR yang memudahkan teknisi dan pemilik motor. Namun tentu saja memerlukan teknisi atau tuner yang paham dan terlatih untuk menggunakannya.

“Cukup dengan melakukan beberapa kali run di jalan raya, dalam waktu sekitar 5 menit, Speedsparks Unlimited Dynopiggy dapat mencari sendiri titik optimum untuk mapping injeksi bahan bakar yang ideal,” terang Adrian lagi.

Fitur Lebih Advance
Tak seperti piggyback aftermarket lain, seperti Power Commander (PC) dan Juice-Box (JB), piggyback buatan Adrian yang masih beta version ini punya beberapa kelebihan ketimbang produk buatan negeri Paman Sam tadi.

“PC dan JB hanya berfungsi mengatur debit bensin tetapi tidak bisa mengatur timing pengapian dan menggeser limiter rpm,” jelasnya.

Sedikit lebih advance, Dyno-Piggy memiliki program untuk mengatur ulang debit bensin ke injektor, mengatur ulang timing pengapian dan menggeser limiter rpm bawaan pabrik. Secara fungsi, spesifikasi dyno-piggy sudah punya fitur layaknya ECU stand alone. Namun lantaran pemasangan masih ‘gandeng’ ECU orisinal, makanya mirip piggyback. Istilah kerennya, piggybacking system.


Tinggal colok ke soket yang sudah tersedia (kiri). Piggybacking system, stand alone yang gandeng ECU standar (kanan)

Fitur yang lebih advance beberapa step tadi, memungkinkan setiap motor berpasokan injeksi mengembangkan potensi peak power hingga maksimal.

Sumber:

  1. http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/01/13/314689/51/12/Speedspark-DYNO-PIGGY-Dengan-Fungsi-Stand-Alone-Buat-V-Ixion
  2. http://otomodif.otomotifnet.com/read/2011/04/08/317684/113/20/Speedspark-Unlimited-Dynopiggy-Buat-Semua-Motor-Injeksi
  3. http://speedsparks.blogspot.com/
  4. http://www.speedsparks.com/

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 11 April 2011, in Motorsport, Teknologi and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. wow…i like it, kunjung balik y mas…http://ekoendya.wordpress.com

  2. @ErwinKundya thanks masbro…

  3. Sipz tuh bwt vixi gw

  4. tolong dong……
    critanya sy mo bikin stand engine Vixion.
    kesulitan sy SPart yg dibutuhkan biar lansun Runing…..
    Catatan:yg ada Engine komplit dgn sensor2 dan trhotol .

  5. bang sya dr bali, motor sya supra x 125 injeksi,,

    spedsparks ny udh ke beli, tp di sni susah nyari teknisi bwt masang ny,,, apa bs gk kita masang sndri,, ???
    he

    klo smpet d bls ya bang
    nice informasi ny

  6. kLo d psang itu , kcepatanya bsa tmbah kgx ????

  7. minta alamat lengkapnya dong gan

  8. Wow nice info…Btw bagaimana bisakah saya order barangnya gan, saya butuh buat Vixi saya, tolong PM ke arya0678@hanmail.net. Terima kasih banyak…

  9. infonya keren, motor injeksi semakinoptimal kerjanya,
    Obat Herbal

  10. motor saya Benelli Zafferano full injection, mau pasang ada nggak ya diagramnya, makasih ….

  1. Ping-balik: Uji Coba Speedsparks Dynopiggy di Yamaha V-Ixion naik 1,5 dk | Luthfi Aziz Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: