Sidecarcross, garuk tanah sambil boncengan…

Satu lagi balap unik yang ane posting, ternyata balap sidecar bukan hanya onroad tetapi juga ada yang offroadnya. Sejarah kompetisi sidecarcross internasional dimulai dengan FIM Cup pada tahun 1971, suatu bentuk kejuaraan Eropa tidak resmi, yang diselenggarakan oleh FIM. Perlombaan yang pertama diadakan pada 25 April 1971 di Pernes-les-Fontaines, Perancis.

Bisa terbang juga...

Dari tahun 1975, kompetisi resmi disebut kejuaraan Eropa. Dari musim 1980 dan seterusnya, memperlombakan gelar kejuaraan Dunia “world championship”, walaupun, dalam prakteknya hampir semua “pengendara” dan “penumpang” dari Eropa, kecuali untuk sejumlah kecil pengendara dari AS dan Australia, dan semua race diadakan di Eropa. Dalam sejarahnya, belum pernah ada perlombaan ini di luar Eropa dan mayoritas race di Eropa Tengah. Munculnya driver kuat dari Latvia tetapi race dilaksanakan ke kawasan Baltik dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2007, 24 negara-negara Eropa telah menjadi penyelenggara. Race juga dipentaskan di negara-negara tanpa koneksi sidecarcross yang kuat, seperti Yunani, Norwegia dan Irlandia Utara. Ni link nya http://www.sidecarcross.com/

Kalender Sidecarcross 2011

Setiap akhir pekan Grand Prix terbagi menjadi dua race, baik yang diselenggarakan pada hari yang sama. Ini berarti pada musim 2007 dengan delapan Grand Prix dan enam belas race. Setiap race berlangsung selama 30 menit ditambah dua putaran. Kedua race di akhir pekan benar-benar bisa dikombinasikan untuk ditentukan sebuah juara umum. Musim 2007 ada 60 tim terdaftar tetapi tidak semua tim ikut di setiap seri.

Tim terdiri dari pengemudi dan penumpang, Namun, driver dapat dan melakukan pertukaran penumpang selama musim, sering kali karena cedera. Pertukaran penumpang tidak mempengaruhi poin tim yang telah memenangkan sampai akhir seri. Jika driver yang menggunakan lebih dari satu penumpang selama musim kejuaraan dunia itu menang, hanya penumpang yang berkompetisi di lebih dari setengah musim balapan atau mendapatkan lebih dari 50% poin dengan akan dianggap sebagai juara dunia juga.

Videonya:

 

 

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 17 April 2011, in Motorsport and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: