Suzuki RE5 Rotary 1974-1976, motor bermesin rotary…

Suzuki RE 5 rotary

Kalau biasa mesin rotary di roda empat sangat identik dengan Mazda RX series tetapi ada juga mesin rotary yang digunakan sepeda motor. Suzuki memamerkan mesin sepeda motor pertama bertenaga mesin rotary di  Tokyo Motor Show pada tahun 1973 akhir.

Mesin Rotarynya

Motor ini disebut model RE5 adalah andalan teknis Suzuki di waktu itu sebagai sepeda motor yang halus. Mesinnya berasal dari NSU di Jerman, mesin ini sangat halus, tenang, kuat dan hampir tidak ada getaran berkat konstruksi tanpa banyak bagian yang bergerak seperti mesin konvensional biasa.

Tampak Depan

Mesin Rotary atau Wankel, mesin ini memiliki sejumlah manfaat dari mesin konvensional biasa, termasuk kurangnya camshaft, intake dan katup knalpot, dan berkurangnya jumlah bagian yang bergerak. Banyak produsen bereksperimen dengan jenis mesin dan beberapa prototipe ditampilkan pada tahun 70-an tetapi Suzuki adalah produsen sepeda motor satu-satunya yang menggunakan mesin rotary di sepeda motor pada era tersebut.

Pada erannya tenaga motor ini seperti motor 1000cc mesin konvensional, padahal kapasitas silinder cuma 497 cc.

Model rancangan RE5 tidak serevolusioner pada bagian mesin, bentuk bodi masih seperti motor konvensional biasa. Panel instrumen dan lampu belakang sangat mirip dengan GT750, motor 2 tak buatan Suzuki juga. Juga termasuk adalah perisai panas khusus karena desain mesin rotary cenderung membuat pipa knalpot cukup panas untuk membakar kaki pengendara.

Tampak Belakang

Tetapi sayangnya model sepada motor ini tidak mengalami kesuksesan. Mungkin karena itu adalah teknologi baru yang berbeda dari kebiasaan, mungkin juga karena konsumsi bahan bakar yang boros. Padahal Suzuki telah menginvestasikan uang dalam jumlah yang besar untuk proyek ini dan telah membangun seluruh jalur perakitan baru untuk mesin rotary tetapi sepeda motor tidak begitu laku di pasaran. Oleh karena itu populasinya sangat sedikit, mungkin juga sangat jarang di Indonesia.

Specifications:

  • Wheels: Front 3.25 × 19, Rear 4.00 × 18.
  • Brakes: Front twin 290 mm (11.39 in) discs, single piston floating calipers. Rear 180 mm (7.09 in) drum.
  • Displacement: 497 cc (30.3 cu in).
  • Compression: 9.4:1.
  • Claimed HP: 62 hp (46 kW) @ 6,500 (actual tested at the rear wheel 47.9436).
  • Claimed Torque: 54.9 ft·lbf (74.4 N·m) @ 3,500 (actual tested 45.0).
  • Carburetion: two stage, two barrel 18–32 mm Mikuni.
  • Ignition: CDI (incorporating a points system).
  • Fuel: 17 litres (4.5 US gal, 3.74 imp gal) capacity, 85-95 octane.
  • Starting system: Electric, kickstart (the latter intended to be offered only as an option37 ).
  • Performance: Top Speed (tested): 168 km/h (104 mph) actual.
  • Standing ¼ mile: 14.02 @ 94.24 mph (151.66 km/h).
  • Wheel Base: 1509 mm (59.1 in).
  • Weight (curb with half tank of fuel): 255.4 kg (563 lb).
  • Weight dry: 230 kg (507 lb).

Videonya:

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 7 Mei 2011, in Teknologi and tagged . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Motor rasa mobil dunk
    kyknya 1ltr 1km yah?

  2. Ada ap tidak ya mesin 2tak rotary dilengkapi Turbo Injection lagi. Klo ada serem banget tuh larinya meski bermesin 500cc sekalian diberi NOS pas dah buat bunuh diri ,hehehe😀

  3. saya menyebutnya mesin 1 tak…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: