Touring Bogor-Bandung-Tangkuban Perahu

Pose di pinggir jalan Padalarang

Hari kamis kemaren (12/5) ane dan teman ane merencanakan untuk touring ke bandung, karena ada urusan dan sekaligus jalan-jalan. Rencananya berangkat sore untuk menghindari panas di perjalanan. Awalnya bakal ada 2 orang lagi, jadi 2 motor tetapi pas mau berangkat ngak jadi, alhasil cuman satu motor aja dan berboncengan. Ini merupakan touring pertama ane ke bandung dengan sepeda motor. Pukul 14.00 sore ane jumput teman ane dan kita berangkat, sekitar puku 17.35 kita sudah sampai di masjid At-Ta’awun puncak, istirahat dulu trus shalat magrib dan ngisi perut, lapar juga…😀 . Setelah selesai kita berangkat dari puncak sekitar pukul 18.20, melewati puncak pas dan mulai turun ke cipanas ternyata jalanannya mulai rusak akibat hujan deras so… kendurkan gas, pelan-pelan saja sing penting selamat🙂, laju motor tertahan di sekitar 30 km/jam. Memasuki Cipanas mulai bejek gas lagi sampai Cianjur, lepas Cianjur kita isi bensin dulu. Setelah isi bensin kita melanjutkan perjalan, jalanan relatif lenggang tetapi tidak berani terlalu ngebut, maklum sudah malam plus penerangan yang seadanya, kecepatan motor sekitar 60-80 km/jam. Masuk jalanan Padalarang yang mulai menanjak meliuk-liuk, eh.. ternyata hujan mulai turun tetapi gerimis aje…  problem penglihatan semakin terbatas akibat kacamata di guyur gerimis dan cahaya lampu dari kendaraan di depan membikin mata jadi silau. Beberapa kali harus berhenti untuk mengelap kacamata, jalanan juga licin sekali… so harus hati-hati. Akhirnya pukul 20.00 sampai juga di Cimahi, berhubung blum tahu jalan nanya ke orang setempat jalanan menuju taman sari, bandung. Setelah di beri tahu kita ambil jalan ke kiri trus, sampai lampu merah belok kanan melewati jembatan pasopati trus turun ke bawah. Akhir pukul 20.45 nyampe juga Taman Sari, Bandung. Total perjalana hampir 5 jam dengan istirahat sekitar 1 jam, jadi sekitar 4 jam lah bogor-bandung. Maklum masih pertama kali itu pun dengan motor kesayangan Yamaha New Vega R, bagi yang sudah biasa touring jarak jauh pasti lebih cepat lagi.

Sama siapa itu ya????😀

Ke esokan harinya, Jumat (13/5) kita habiskan waktu di Bandung, menyelesaikan urusan dan sekaligus jalan-jalan. Hari Sabtu pagi (14/5) kita rencanakan ke Gunung Tangkuban Perahu sekaligus pulang ke bogor, berangkat sekitar pukul 10.00 pagi. Dari Taman sari naik ke jembatan Pasopati, turun ke bawah ada lampu merah trus maju lagi lampu merah lagi, ambil ke kanan ke arah Lembang, trus aja ngikutin jalanan. Di daerah Lembang kita putus beli bensin lagi SPBU, eh… ndilalah bensinnya kosong, kata mba-mba penjaga SPBU di pom bensin selanjutnya menuju tangkuban perahu masih ada stok bensin. Lanjut.. ketemu juga ini pom bensin, isi dulu. Memasuki hutan pinus di kawanan Taman Nasional Gn Tangkuban Perahu kok hujan., berhenti dahulu pakai jas hujan trus lanjutkan perjanan. Sampai pintu masuk, bayar tiket per orang Rp 13.000 plus motor Rp 5.000, karena berdua jadi totalnya Rp 26.000 + Rp 5.000 = Rp 31.000,- Nanjak ke area kawah gunung tangkuban perahu ternyata jalannya cukup terjal dan berkelok-kelok, terpaksa pasang gigi 1 atau 2 terus… akhir sampai juga di kawah gunung tangkuban perahu sekira pukul 11.00 wib. Jalan-jalan trus foto-foto sambil melihat-lihat souvenir…😀

Di Mesjid At-Ta'awun

Sekitar pukul 12.40 kita memutuskan untuk pulang ke Bogor, setelah turun ke Lembang kita melewati jalan alternatif menuju Cimahi langsung, jalannya kecil plus naik turun dan ngak cukup rata… mengikuti jalan tersebut ternyata jauh juga, sempat frustasi juga ni jalan ujungnya dimana ini… akhirnya ujung jalan nyampe ke stasiun Padalarang, sempat bingung juga, dari sini ke mana lagi, keluar dari rel kereta kita ambil kiri… eh.. ketemu juga jalan besar, perempatan ke arah cimahi, tol cileunyi dan Cianjur, kita ambil ke arah Cianjur, ternyata jalanan macet parah. Perahan-lahan akhirnya lepas dari kemacetan… mulai masuk tanjakan dan turunan Padalarang lagi yang meliuk-liuk, kita putuskan untuk berhenti dan istirahat, shalat dzuhur plus makan. Berangkat dari tempat tersebut sekitar pukul 14.20, melaju di jalan ke Cianjur yang lurus dan panjang, kita gaspol… laju motor sekitar 80-100 km/jam. Asik-asiknya ngebut malah turun hujan deras, ya sudahlah pakai jas hujan lagi, dan jalan perhanan saja. Masuk kota Cianjur hujan makin lebat, trus sampai Cipanas, lalu kita memutuskan mengisi bensin lagi sambil beristirahat sejenak plus buang air kecil. Lanjut perjalanan menuju puncak masih hujan walaupun kadang deras, kadang gerimis. Akhirnya nyampe Masjid At-Ta’awun pukul 16.30, kita memutuskan untuk istirahat, shalat Ashar dan minum bandrek dulu, lumayan menghangatkan badan yang kedinginan. Pukul 17.10 kita turun menujua Bogor berharap tidak macet. Eh ternyata.. mulai Cisarua hingga Gadog macet parah, bingung juga padahal mulai long weakend jalan ke bogornya yang macet parah, ke arah puncaknya malah ngak macet, mungkin blum kali ya…🙂 sambil bermacet-macet ria, masuk ke bogor trus hingga darmaga. Sampai Darmaga sekitar pukul 19.30. Total lamanya perjalanan sekitar 6 jam, weleh… ternyata lebih lama dari pada berangkat, pantas saja badan cape banget.

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 17 Mei 2011, in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.