Kejurnas 250 dan Moto3: CBR kaga berani turun cuy…

Mas bro sekalian, di seri ke 2 Indospeed Race Series 2011 sirkuit Sentul kelas kejurnas Sport 250cc yang diikuti oleh 15 starter dan digabung dengan balapan Moto3 yang sebanyak 7 starter. Semua yang ikut kejurnas 250 adalah motor Kawasaki Ninja 250 R. Padahal seri 1 kemarin satu-satu Honda CBR 250 dari team Probike yang ditunggangi Wawan Hermawan tidak turun, mtotornya sebenarnya ada terparkir di Paddock team Probike kabarnya motor ini sudah di tune-up dengan racing part MORIWAKI. Entah apa sebabnya motor ini tidak turun balap, apa mungkin blom bisa bersaing dengan kawanan Kawasaki Ninja atau pula sang joki andalan Wawan Hermawan tidak turun balap karena berbarengan dengan event balap OMR Honda di Cimahi, kab. Bandung. Team Probike hanya menurunkan Kawasaki Ninja 250 R yang di tunggai Arie Octane. Sementara Moto3 menggunakan motor ex GP-Mono tahun 2009 yaitu Moriwaki MDH250 yang bermesin Honda CRF 250.

5 Pembalap Moto3 paling depan

Race Moto3 berlangsung sangat ketat, 5 pembalap terdepan saling mencari angin untuk memimpin jalannya balapan. Saling Overtake pun tak bisa terhindarkan, dan akhirnya Ocky Lukman dari team Cargloss AHRS RT berhasil jadi juara Moto3 dengan selisih sangat tipis. Dia dilap-lap awal ternyata memilih mengintip gaya balap lawan untuk bisa menang. Di 2 lap awal saja di posisi terdepan, selanjutnya menguntit dibelakang sambil mengintip gaya rider yang di depan, di lap akhir pun berhasil melepaskan diri dan menjadi juara satu.

Joseph Kevin, satu-satunya pembalap kejurnas 250 paling depan

Di race kejurnas 250 dimenangkan oleh Joseph Kevin. Apa yang diraih rider tim AHX ELS Racing Lampung sebenarnya sudah terlihat dari sesi latihan sampai qualifikasi. Pada 2 sesi tersebut,  dia menjadi yang tercepat. Di race pun Kevin hanya sendirian di belakang gerombolan pembalap Moto3 sementara pembalap kejurnas 250 yang lainya sangat jauh di belakangnya, bedanya hampir 2 detik dengan Kevin. Padahal Kevin sebelumnya sudah turun di OMR Kawasaki Ninja 250, motornya pun tidak mengalami perubahan setingan apapun hanya mengganti ban depan dan belakang dengan yang baru. Jeda race OMR Kawasaki Ninja 250 dengan kejurnas 250 hanya berjeda 1 race dengan waktu sekitar 30an menit, jeda waktu yang sempit itu dimanfaatkan mekanik tim AHX ELS Racing Lampung untuk mengganti ban saja.

Di waiting zone Moto3 didepan, kejurnas 250 dibelakang

Kalau melihat catatan waktu Moto3 rata-rata berkisar 1 menit 47 detik sementara best time kejurnas 250 yang di cetak kevin yaitu 1 menit 52 detik artinya motor-motor kejurnas 250 masih ketinggalan sekitar 5 detik, sama halnya ketika seri pertama IRS lalu dimana Honda CBR 250 R juga masih ketinggalan 5 detik dari Ninja 250 R. Berdasarkan ini sebenarnya motor-motor OMR Kawasaki 150 2-stroke lah yang bisa bersaing dengan motor-motor Moto3, lihat saja catatan waktu Imanudin dari team Kawasaki Denso Junior CMS yang menggunakan Kawasaki KRR 150 SE, catatan waktunya sudah berkisar 1 menit 45 detik. Tetapi masalahnya rider-rider OMR Kawasaki 150 2-stroke juga turun di balapan Moto3, seperti Imanudin ini yang di moto3 membela team CMS IMI DKI. Mungkin kedepannya seri kejurnas 250 memperbolehkan juga motor-motor 2 stroke untuk turun balap dengan batasan 150 cc open, agar pesertanya makin ramai. Sebut saja Kawasaki 150 2-stroke series: Ninja 150, KRR 150 SE, Serpico, Honda NSR 150 Series, Yamaha TZM. Wah.. bakalan serukan.. motor race use only (motor khusus balap) Moto3 atau GP mono bersaing dengan motor produksi massal 250 4-stroke dan 150 2-stroke.

Hasil Lomba :
Kejurnas Sport 250cc :
1 Joseph Kevin/AHX ELS Racing Lampung
2 Ivan Atmaja/Ilegal Racing Team
3 Ali Adrian/Anjany NHK CL FDR Spinx
4 Ardan Syauqi/2 Bros Afam BMC ELS HYT Speed Racers
5 Heru Susanto/Anjany CLD FDR Petronas Sprinx

Moto3 :
1 Ocky Lukman/Cargloss AHRS
2 Rizaludin Sidqi/IMI DKI
3 Febrianus Balank/Cargloss AHRS
4 Gde Arya/Cargloss AHRS
5 Imanudin/IMI DKI

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 18 Mei 2011, in Motorsport and tagged , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: