Melihat perkembangan team-team baru Moto1

Persiapan tim menyambut era baru MotoGP tahun 2012 yang dinamakan dengan Moto1, sudah berjalan sesuai rencana. Pengiriman proposal yang berakhir tanggal 29 April 2011 lalu ke FIM (Federasi balap motor dunia), menerima 16 aplikasi tim baru yang mendaftarkan diri. Namun menurut informasi yang ada hanya 14 tim yang layak mengikuti proses seleksi selanjutnya. Ternyata FIM (federasi balap motor dunia) akhirnya merilis bahwa ada 13 tim (21 pembalap) yang resmi mendaftarkan diri untuk berlaga di kelas Moto1 tahun 2012 mendatang (tidak termasuk tim yang sekarang berlaga di MotoGP). 13 tim ini bahkan sudah memasukkan aplikasi detail mereka yang sudah berakhir pada 14 Mei 2011 lalu.  Kabarnya 11 tim yang memenuhi persyaratan (16 pembalap) dinyatakan lolos untuk seleksi selanjutnya.😀

Paket motor Moto1 Suter-BMW

Sementara itu regulasi untuk Moto1 sendiri akan berbeda-beda untuk team pabrikan, team satelit dan team privatir atau CRT (Claiming Rule Team), dimana team privatir atau CRT (Claiming Rule Team) akan mendapakan regulasi yang lebih longgar dari pada team pabrikan dan team satelit. Hal ini dimaksudkan agar team satelit dan team privatir atau CRT (Claiming Rule Team) bisa bersaing dengan team pabrikan dan satelit. Dari 11 team yang dinyatakan lolos belum diketahuai team-team mana saja yang akan menjadi team pabrikan, team satelit dan team privatir atau CRT (Claiming Rule Team).

Kendati masih banyak pertanyaan tentang klausul regulasi baru untuk Moto1 dan kategori yang ada didalamnya seperti tim pabrikan serta tim CRT (Claiming Rule Team), namun beberapa tim sudah mulai menyiapkan paket motornya. Diantaranya berasal dari tim-tim Moto2 sebanyak 3 tim. Kabarnya mereka tim-tim ini sudah mendaftar sebagai tim CRT untuk musim depan.

Paket motor Moto1 Inmotec

Tim yang pertama adalah tim Speed Master dengan pembalapnya Andrea Iannone. Tim ini bahkan sudah memberikan uang jaminan keikutsertaan mereka sebagai tim Moto1 musim depan sebesar €30.000 (Rp. 374 juta) kepada Dorna Motorsport sebagai promotor MotoGP. Uang jaminan ini dibayarkan sebagai syarat untuk mengamankan slot mereka untuk kelas Moto1.

Team Moto1 Marc VDS

Tim Speed Master akan menggunakan sasis Suter seperti tim Marc VDS Racing yang juga sudah mendaftar sebagai tim Moto1. Tim Marc VDS Racing sendiri sudah melakukan ujicoba beberapa kali pada paket motor mereka. Di Moto1 untuk sementara tim Marc VDS Racing menggunakan nama Suter BMW. Sesi tes privat yang dilakukan oleh Suter-BMW di sirkuit Jerez Spanyol (waktunya tidak disebutkan) bersama 2 orang test rider mereka yaitu Damian Cudlin dan Carmelo Morales, menjelaskan bahwa karakternya sangat mirip dengan Moto2. Sayangnya tenaga Moto1 dirasakan masih sangat kurang, dan ini adalah kendala yang paling besar. Performanya masih cukup jauh dari MotoGP yaitu dengan selisih 4 detik di belakang Karel Abraham (salah satu pembalap bontot di MotoGP).

Sesi Tes Privat Suter-BMW

Tim yang ketiga adalah BQR-Blusens yang akan berpartner dengan Inmotec tim MotoGP asal Spanyol yang tidak pernah mencapai targetnya di ajang MotoGP musim-musim lalu. Kabarnya juga Inmotec akan menggunakan mesin Norton. Team BQR-Blusens sendiri di GP125 disponsori oleh Paris Hilton dan di kelas moto2 nama teamnya Blusens STX. Belum ada konfirmasi apakah di kelas Moto1 bakal disponsori Paris Hilton juga tetapi kabarnya Paris Hilton berambisi membuat team MotoGP/Moto1 tahun 2013 nanti. Belum jelas juga kabar tentang spesifikasi mesin yang akan mereka gunakan. Sebagian diantaranya mengatakan bahwa tim ini akan menggunakan mesin 800 cc, namun yang lainnya menjelaskan bahwa mereka akan membeli unit mesin baru. Entahlah!

Inikah Wujud Norton V4 Moto1???

Namun yang jelas dengan tambahan 3 tim yang menjadikan 20 pembalap di grid MotoGP, belum cukup seperti yang diprediksikan penyelenggara dan FIM (federasi balap motor dunia). Total tim baru yang bergabung ada sekitar 4-6 tim baru dengan alokasi 8-10 unit motor/pembalap.

(Diramu dari berbagai artikel otosport.otomotifnet.com)

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 8 Juni 2011, in Motorsport, Teknologi and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. anehnya, itu bener2 125cc ? tapi kok cepet banget yah..

  1. Ping-balik: Profil team-team CRT Moto1 | Luthfi MotoBlog's

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: