Profil team-team CRT Moto1

Menyambung artikel mengenai perkembangan team-team baru yang bakal berlaga dengan regulasi CRT Moto1. Akhirnya Federasi balap motor dunia (FIM) mengumumkan 6 tim yang akan berlaga di Moto1 tahun 2012 mendatang sebagai tim CRT (Claiming Rule Team). Rata-rata tim yang memenuhi syarat dari 11 tim yang lolos di tahap seleksi yang kedua adalah tim yang saat ini berkompetisi di ajang balap Moto2 dan ada pula yang memiliki team balap di kelas GP125. Ke enam team ini hanya boleh menggunakan 1 orang pembalap untuk tahun depan (2012), artinya dengan pembalap reguler tahun ini sebanyak 17 rider ditambah 6 rider baru maka tahun depan ada 23 pembalap di grid. Adapun ke enam team tersebut adalah; By Queroseno Racing (BQR), Forward Racing, Kiefer Racing, Marc VDS Racing, Paddock GP Racing (Interwetten), Speed Master. Mari kita bahas satu persatu.😀

By Queroseno Racing (BQR)

Team By Queroseno Racing (BQR) asal Barcelona, Sepanyol ini identik dengan Blusens yaitu perusahaan elektronik asal Spanyol yang menjadi sponsor utamanya. Di kelas GP 125 team ini bekerjasama dengan sosialita Paris Hilton menggunakan motor Aprilia sedangkan di kelas Moto2 dengan team Blusens STX menggunakan sasis FTR asal Inggris. Team ini juga berlaga di kejurnas Supebike Spanyol, CEV Formula Extrem. Rencananya untuk kelas Moto1 akan kerjasama dengan FTR juga untuk pengembangan sasisnya sedangkan mesinnya menggunkan basis Kawasaki ZX 10 R. Untuk pembalap belum diketahui tetapi sepertinya bakal menggunakan rider asal Sepanyol juga. Web team : www.teambqr.com.

Forward Racing

Forward Racing adalah team yang berbasis di Swis, team ini dulunya bernama Hayate Racing Team yang merupakan team satelit untuk menyelamatkan Kawasaki di kelas primier Moto GP tahun 2009 lalu. Di kelas GP125 menggunakan motor KTM sedangkan di kelas Moto2 menggukan sasis Suter yang senegara dari Swis juga dan memang kerjama dengan Suter sudah sejak lama sejak era motogp dengan Kawasaki sampai dengan era Hayate Racing Team. Team ini juga berlaga di kejurnas Superbike Italia, CIV menggunakan motor Yamaha R6. Di kelas Moto1 nanti belum diketahui sasis dan mesin team Forward Racing, sepertinya masih setia dengan sasis Suter selain dari asal negara yang sama juga faktor kerjasama yang sudah terjalin sejak dulu. Sedangkan untuk mesin belum diketahui, bisa jadi menggunakan Kawasaki karena team ini dulunya adalah team Kawasaki di kelas Primier MotoGP atau mennggunakan mesin BMW yang telah dikembangkan Suter untuk team CRT Moto1. Untuk pembalap belum diketahui. Web team: www.forwardracing.com.

Kiefer Racing

Bisa dibilang team Kiefer adalah team paling nasionalis asal Jerman. Team ini diasuh oleh Kiefer besaudara; Stefan Kiefer dan Jochen Kiefer. Team ini berlaga di kelas Moto2 menggunakan sasis Kalex asal Jerman pula dengan pembalap asal Jerman yang saat ini menempati poin tertinggi di kelas Moto2; Stefan Bradl. Didukung sponsor utama Viessmann yaitu perusahaan asal Jerman yang bergerak di bidang pemanfaatan energi alternatif dan sistem pendingin/pemanas ruangan. Team ini akan membawa Stefan Bradl bertarung di Moto1 dengan regulasi CRT. Untuk motor kemungkinan menggunakan sasis Kalex dan kemungkinan mesin asal Jerman yaitu BMW. Web team http://www.kiefer-racing.com

Kalex Moto1 ???

Paddock GP Racing

Paddock GP Racing asuhan Daniel Epp ini akan membawa pembalap moto2 nya yang juga juara dunia GP  125 tahun 2005 Thomas Luthfi tahun depan kelas Moto1. Team sebenarnya sudah berpengalaman dikelas primer MotoGP tahun lalu (2010) dengan pembalap Hiroshi Aoyama. Didukung oleh Interwetten perusaahaan judi online asal Sepanyol. Belum ada informasi mengenai motornya untuk tahun depan. Kemungkinan akan menggunakan Honda seperti tahun lalu atau menggunakan Suter dimana tahun ini (2011) di kelas Moto2 juga menggunakan sasis Suter setelah tahun lalu menggunakan sasis Moriwaki. Web team : http://www.interwettenracing.com.

Speed Master

Speed Master adalah bentukan Regalino Iannone, ayah Andrea Iannone. Team yang berbasis di Italia ini akan membawa Andrea Iannone berlaga di kelas Moto1 tahun depan menggunakan sasis FTR dengan mesin Aprilia RSV4. Web team : http://www.speedmasterteam.com.

Marc VDS Racing

Marc VDS Racing Team merupakan singkatan dari nama sang bos yaitu Marc van der Straten. Team yang berbasis di Belgia ini paling getol melakukan tes Moto1 dengan regulasi CRT bekerjasama dengan Suter sebagai pembuat sasis dan mesin BMW. Team ini rencananya akan membawa pembalap Moto2 nya Scott Reading tahun depan ke kelas Moto1. Team ini awalnya adalah team balap mobil di kelas FIA GT1 dan FIA GT3 juga berlaga di balapan ketahanan Le mans dan Rally, mulai tahun tahun lalu (2010) mempunyai divisi balap motor di kelas Moto2. Web team : http://www.marcvds.com.

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 29 Juni 2011, in Motorsport and tagged , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. Aprilia Gimana yah? ikutan nggak?

    Paddock Girls Motogp Le Mans 2011 Part 10 Gak nahan….
    http://indooto.blogspot.com/2011/06/paddock-girls-motogp-le-mans-2011-part_1275.html
    Paddock Girls WSBK Phillip Island 2011 Part 1 mantab
    http://indooto.blogspot.com/2011/06/paddock-girls-wsbk-phillip-island-2011.html

  2. wih..mantaf infonya, gan….

  3. kerennn,,,
    kalo gak salah BQR bakalan bawa antara Alex de angelis atau bahkan simon

  4. nais impoh….

  5. pengamat blog

    cuman mengingatkan saja, kalo bisa ditulis juga sumbernya dari mana, kalo memang kita mengcopy nya,,,
    tapi kalo memang hasil tulisan sendiri sih gak papa,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: