Pro Truck Nationals (PTN) is a 300′ sand drag racing series: Balap Unik Drag di lintasan Off-Road

Salah satu balap unik yang ane tulis buat masbro sekalian. Pro Truck Nationals (PTN) is a 300′ sand drag racing series adalah balap drag-race dilintasan Off-road sepanjang 300 kaki atau kurang lebih 100 meter. Balapan ini sangat terkenal negara bagian Midwest Amerika. Pro Truck Nationals (PTN) awalnya hanya satu event dalam satu musim di West Michigan Sand Dragway dan hanya ada satu kelas yaitu Pro Truck class. Tetapi saat ini sudah ada beberapa seri dengan beberapa kelas yang menawarkan hadiah menggiurkan. Tentu tidak mudah membawa kendaran bertenaga besar di lintasab off-road, kareana traksi roda yang lebih kecil dari pada di lintasan aspal membuat kendaraan menjadi sangat liar. Adapun kelas-kelas yang dilombakan adalah:

1. Pro Truck adalah kelas yang pertama ada di seri PTN. Kelas ini bisa mencapai kecepatan 100 mph atau 160 km/jam. Ingat ini lintasan off-road yang panjangnya hanya 100 meter, jadi bisa dibayangkan betapa dahsyatnya tenaga mesinnya. Kelas ini sangat kompetitif pesertanya karena jarak finish antar peserta hanya selisih beberapa inchi.

2. Pro Outlaw FE: Kelas terbaru dalam balap drag PTN. Aturan sederhana dalam kelas ini yaitu mesin harus di depan pengemudi (FE : Front Engine), dan wheelbase minimal 150 inchi atau 3,75 meter atau kurang. Mesin yang digunakan yaitu naturally aspirated Small-Blok. Tentu ngak mudah bagi pilot-nya melihat trek karena kehalangan mesin😀.

3. 3,5 Indeks: PTN telah mengadopsi kelas Indeks 3,5 sebagai salah satu kelas utama setiap seri. Dalam kelas ini, satu-satunya aturan adalah batas waktu maksimum jarak tempuh adalah 3,500 detik. Dikelas ini apapun mobil balap dapat bersaing baik kelas Pro-truck ataupun Pro Outlaw FE. Bisa dibilang sebgai kelas Free-For-All (FFA).

4. Q8 Pro ATV: Untuk 2011, PTN telah bergabung dengan program kelas Pro Q8 ATV dipimpin oleh Tony McWethy. Pada kelas ini melombakan ATV baik ada yang beroda-4 maupun roda-3. Mesinnya pun banyak yang mengadopsi dari mesin Superbike.

Balapan ini tidak hanya berlangsung dilintasan off-road yang kering tetapi juga bisa di lintasan salju, tinggal mengganti ban menggunakan ban khusus lintasan salju. Sumber : http://www.protrucknationals.com.

Videonya:

 

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 1 Juli 2011, in Motorsport and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: