KTM Freeride Elektrik; motocross elektrik pertama di dunia

Pabrikan motor asal Austria, KTM siap melepas sebuah motocross elektrik berjuluk Freeride Electric pada tahun 2012 mendatang. Sosok konsep motor ini akan ditampilkan di ajang EICMA pada bulan November mendatang. Selanjutnya akan diboyong di Tokyo Motorcycle Show 2012.

Sepintas sosok Freeride Electric memang tampak layaknya motocross normal, dengan bodi oranye hitam khas KTM. Namun saat memperhatikan mesinnya, tampak boks baterai besar dan motor elektrik sebagai sumber penggeraknya.

KTM menyatakan jika motor listrik Freeride dapat menyembur tenaga hingga 30 dk serta torsi hingga 33lb/ft. Energi tersebut diraih dari baterai lithium-ion berdaya 2 Kwh yang dapat digeber hingga 1,5 jam non stop.

Bahkan pabrikan yang kini menjadi bagian produsen motor India, Bajaj Auto ini mengklaim jika performa motor bebas emisi ini dapat disejajarkan dengan motocross bermesin 2-tak 125cc. Hal ini diakui berkat bobot Freeride Electric yang hanya sekitar 100 kg, atau tak jauh berbeda dengan bobot motor bebek.

Hebatnya, kehadiran Freeride Electric mampu membawa nama KTM sebagai produsen sepeda motor besar pertama yang akan melepas motor elektrik. Memang, sebelumnya sudah ada beberapa nama seperti Bremmo dan sebagainya yang membuat motor listrik. Bedanya, mereka tidak membuat varian dengan mesin konvensional seperti KTM.

Sumber: Otomotifnet.com

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 15 Juli 2011, in Motorsport, Teknologi and tagged . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. meggi ane aja kalah telak

  2. Brammo malah dah dicoba turun di AMA minimoto race..
    free ride nih dah pake sistem transmisi belom ya??kalo brammo kan udah…jadi ngga cuman puter gas doang, tapi bisa pindah gigi kayak motor konvensional

  3. kira2 dua biji harganya berapa ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: