Merakit Portable Ciggarate Lighter

Sebenarnya bikin Portable Ciggarate Lighter ini terinspirasi dari blognya mas Hadiyanta. Tapi ane merakit yang portable, artinya tidak dibaut permanen di bodi motor. Khawatir jika di buat permanen ternyata tidak benar-benar kedap air tentunya bisa korslet mengangu kelistrikan motor. Bisa dipake di motor apa saja asal kita mengetahui ouput dari aki motor 12 V. Portable Ciggarate Lighter ini juga di lengkapi sikring untuk keamanan, takut-takut terjadi korsleting. Kalau tidak digunakan bisa di simpan di bagasi motor. Motor ane Yamaha New Vega R, akinya ada di balik jok, cuman dilindungi kover plastik saja. Semua bahanya ane dapatkan di Bogor.πŸ˜€

Rumah sikring model tabung

Bahan-Bahan:

1. Auto lighter merek Stanley, ane beli di toko variasi mobil di daerah Jambu dua, harganya Rp 20.000,-

2. Rumah sikring motor model tabung beserta sikring tabungnya, ane beli di toko spear part motor di daerah Jembatan Merah, harganya Rp 4.000,-

3. Kabel model kawat, 2 meter, @Rp 800,- di toko perkakas listrik, totalnya Rp 1.600,-

4. Konektor aki model gigi buaya ukuran sedang 2 biji, @Rp 2.000,- di toko perkakas listrik, totalnya Rp 4.000,-

Total biaya semuanya : Rp 29.600,-

Auto Ciggarate Lighter merek Stanley

Alat:

1. Tang

2. Gunting

3. Isolasi listrik

Konektor aki model gigi buaya ukuran sedang

Cara Membuat:

1. Biasanya auto lighter sudah dilengkapi konektor, konektor model bulat untuk kutub positif (+) sedangkan konektor model garpu untuk kutub negatif (-), kalau tidak dilengkapi konektor berarti kabel langsung dicantolkan ke bodi auto lighter

2. Sabung kabel ke konektor model bulat untuk kutub positif (+) lalu sambung ke rumah sikring dan sambung lagi ke konektor aki model gigi buaya warna merah.

3. Sabung kabel ke konektor model garpu untuk kutub negatif (-) sebagai massa agar tidak goyang isolasi dengan kuat atau bisa juga di solder. Kemudian sambung lagi ke konektor aki model gigi buaya warna hitam.

4. Seandainya kabelnya hanya satu warna maka konektor aki model gigi buaya harus dua warna hitam sebagai kutub negatif (-) dan warna merah sebagai kutub positif (+). Sebenarnya ini cuman menandai kutub saja karena untuk arus DC sangat fatal bila salah kutub.

5. Ukurlah panjang kabel secukupnya tergantung selera.πŸ˜€

Portable Ciggarete Lighater yang sudah jadi

Alat Portable Ciggarate Lighter sudah ane tes pake lighater-nya dan terasa panas, ok… berfungsi dengan baik. Bisa juga untuk charge lighter untuk HP, GPS, laptop atau kompresor portable, kalau charger HP untuk multy colokan harganya sekitar Rp.30.000,- Ane belum nyoba untuk cahrger hp, soalnya belum ketemu charger lighter yang outputnya colokan USB sekalian bisa untuk cas MP3.

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 24 Juli 2011, in My Activity, Teknologi, Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 11 Komentar.

  1. pake japit buaya, berarti cuma dipasang , hanya saat dibutuhkan, nahh kalo motor yg battery nya ngumpet macam vario , bakal suyahh bongkar2 body dulu :mrgreen:

  2. tuwek imitasi

    gpp. yg penting asololey icikicik a hem

  3. yang fix aja, dibuat dudukan

  4. Karena aki dimotor saya ngumpet, kalau saya kabelnya saya bikin permanen tp untuk lighternya dibikin portable pakai klem. Persiapan mudik dr tangerang ke semarang pakai Shogi. Hehe…

  5. itu ke aki akibatnya gimana om???
    ane punya mongtor revo absolute…
    bakalan drop ga tuh???

    • ini alat kan untuk darurat, jadi kalau di pakai dalam jangka waktu lama tentu ada konsekuensinya, hidupin mesin jadi masih ada pengisian ke aki

  6. saya terisnpirasi dari teman koboys, bro moko, dia juga model bongkar pasang di motor TVS nya

  7. saya beli lighter setnya 40,000 bro..toko disini jualnya kebangetan..pengen kya mendadak kali😑

  8. Kalo stanly 24volt gimana gan? Gak jauh beda kalo di pasang ke aki 12volt?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: