Power Honda CBR150R Fi on wheels: 15,22 dk

Iseng-iseng hari ini tadi (26/7) ane cari Tabloid Motor Plus edisi terbaru langsung di Agen Koran wilayah Bogor di daerah Lodaya, Bogor Baru. Kalau di eceran biasanya baru tersedia hari rabu atau paling cepat selasa sore. Ada hal yang menarik di Motor Plus edisi 648 (27 Juli -2 Agustus 2011 ), di rubrik teknik ada artikel mengenai tes knalpot Honda CBR 150 R terbaru.

Dyno test kali ini menggunakan Dynojet 250i milik Bintang Racing Team (BRT) Cibinong, dipastikan hasilnya lebih akurat. Berdasarkan uji coba dengan spek standar, power yang keluar adalah 15,22 dk dengan torsi maksimum 8,25 ft-lbs. Kalau dilihat berdasarkan data resmi dari situs AHM daya maksimum adalah 13,11 kW (17,8 PS)/ 10.500 rpm dengan torsi maksimum 12,66 Nm (1,29 kgf.m)/ 8.500 rpm. Ingat 1 dk atau 1 Hp tidak sama dengan 1 PS tetapi nilainya hampir mendekati. Agar bisa mebandingkannya tentu kita konversikan ke satuan yang sama baik power maupun tosinya. Berdasarkan situs online unit converter ( 1 HP = 1,01 PS) atau (1 PS = 0,99 HP).

Setelah kita samakan satuannya hasilnya dari situs AHM  16.77 dk dengan torsi  8.85 ft-lbs. Mengapa nilai dari pabrikan lebih besar??? karena biasanya pabrikan menghitung power motor dari mesin (on engine) bukan dari roda (on wheels), sehingga ada power yang hilang dari gaya gesek rantai, bearing, roda dll. Sekarang mari kita hitung power yang hilang (lost power) : (16,77 dk – 15,22 dk = 1,55 dk) atau persentasenya (1,55 dk/16,77 dk) x 100% =9,24 %. Melihat data ini bisa dibilang lost powernya kurang dari 10%, hal ini tentu sangat bagus karena rata-rata motor merek lain mempunyai lost power di atas 10%.

Sekarang mari kita hitung nilai value to power atau perbanding harga dengan powernya. Berdasarkan rilis resmi AHM harga Honda CBR150R ; 33 juta OTR Jakarta. Dari data ini kita dapatkan (33 juta/15,22 dk) = 2,1682 juta/dk. Dilakukan pembulatan keatas maka Nilai Valuenya mencapai 2 juta 170 ribu rupiah Per daya Kuda.

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 26 Juli 2011, in Teknologi and tagged , , . Bookmark the permalink. 30 Komentar.

  1. Wah… Secara performa berbanding harga ya mending beli pulsar 220 dong… CBR150 kayaknya menang tampang doang…

    • kalau bajaj pulsar 220 vs cbr 150 memang ngak bisa dibandingkan apple to apple secara beda segmen masbro… itu tergantung selera masing-masing juga..

  2. ruwet om…:mrgreen:

    teliti banget…

  3. yups itunga mantab *sampe konversi ke duit barang ki :mrgreen:

    kita lihat dilapangan nanti 😀

  4. tuh kan mirip mirip vixion… hehehe

  5. trus kenapa ada ‘rupiah’nya bro? wkwkwkwk

  6. tuwek imitasi

    pokoke assololey lah…

  7. power segitu berarti masih lebih kenceng CBR 150 old version !

    • wah… saya ngak punya data dyno test on wheels CBR 150 old version masbro, kalau mesin dyno-nya beda, datanya pun bisa berbeda jauh, bisa 1-2 dk, kalau motor kecilkan terasa banget bedanya…

  8. Mantap bro artikelnya. Nais inpoh…

  9. on wheel biasanya sering gak akurat

  10. on wheel…
    tergantung merk bannya…😀

  11. ingat saat blm resmi muncul disini, fbh gembor2 top speed mendekati 160 km/jam dan powernya 19 hp. Ndilalah powernya hanya lebih tinggi skitar 1,5-2 hp dari vixion.. Ha..ha.. Makanya ga berani tes top speed di sirkuit sentul takut ketahuan kali kl top speednya cm 140an…

  12. penggemar ninja

    klo pulsi 1 dk ==> 1 juta

    mantab

  13. Vixion 12-13 dk. old cbr 14 dk. berarti unggul 1,2 dk dari yg old

  14. di youtube dah ada tuh top speed new cbr150 pgmf1 ampe 165kpj @11000 rpm, katanya std dilihat dari limitte rpm 11rb an & knalpot std. mendekati cbr250 165kpj baru 10000rpm..

  15. lho bukannya udah banyak video top speed cbr 150 di you tube.
    ya tiao orgbeda2,ada ygcuma 148 kmpj to ada juga yg bisa sampai 160 kmpj lebih.

  16. lho bukannya udah banyak video top speed cbr 150 di you tube.
    ya tiap org beda2,ada yg cuma 148 kmpj tp ada juga yg bisa sampai 160 kmpj lebih.

  17. kya motor pa tuh

  18. scoteris pengen gaul

    berilah saran kpd saya mas bro, ninja rr atw cbr 150, please . . .

  19. yang jelas dynotest,dynojet 250i milik brt walau on wheel pasti lebih akurat,karena harganya memang mahal,n rata2 klo dilihat di data yg tersimpan di dynotestnya brt power motor2 honda pasti lebih unggul dikit di banding punya kompetitor,walau cc aga lebih kecil,makanya bro2 klo klo tahu tenaga motor liat dulu ngukurnya pake dyno apaan,klo chasis dyno pasti yg dynojet 250i pasti lebih akurat,

  20. n klo mau coba ngukur berapa tenaga motor para bro,silahkan mampir ke brt,jalan mayor oking jayaatmaja no 102 ciriung cibinong bogor, http://www.bintangracingteam.com

  21. Kang, mohon maaf, tapi KONVERSI dari PS ke HP nya ngawur tuh. Kalo 1 HP = 1.01 PS, secara matematis:

    x HP = 17.8 PS x 1 HP/1.01 PS = 17.6 HP

    JADINYA, simpangan antara power on crank vs on wheel sesuai yg umumnya dinyatakan oleh rata2 produsen otomotif R2 (krn toh teknologi bearing, rantai, ban, jg ga beda jauh).

    17.6 HP on crank melorot jadi 15.2 HP on wheel, ya ga jauh spt kasus Tiger Revo, 16.5 PS on crank jadi 14.5 PS on wheel. Atau spt Pulsar 200 ane dulu, 18 PS on crank jadi 16.5 PS on wheel (faktor ban sutandar lebih lebar traksi ke alat dyno lebih baik ? maybe).🙂

    Pinjam link nya utk ngepret fanboi kutang yg memberhalakan mesin DOHC yaaa ??:mrgreen:

  22. kayaknya komen diatas memberhalakan mesin sohc juga tuh. klo yang mengagungkan mesin dohc sih wajar krena secara teknis dan tingkatan mesin lebih baik daripada mesin sohc.ini klo kita bicarakan speed yang identik dengan balapan.
    la ini ada yang mengagungkan sohc walaupun sudah ada fakta si sohc yang diagungkan ngumpet diparkiran sentul. motogp kok pakai sohc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: