Harga Honda RC213V senilai 3 jt euro (Rp. 37,2 milyar)

Jika Shuhei Nakamoto selaku vice president Honda Racing Corporation (HRC) mengatakan bahwa harga transmisi baru Honda RC213V lebih mahal dari tempat tinggalnya, memang tidak disebutkan dengan angka secara terang-terangan. Namun bisa dinilai dari harga 1 paket motor Honda RC213V adalah 3 juta euro (Rp. 37,2 milyar), mampu membeli 2 unit motor untuk CRT (Claiming Rule Teams) seharga 1,5 juta euro.

Perbandingan ini tentunya jadi komparasi nyata bahwa tim CRT nantinya membutuhkan konsekuensi besar untuk bersaing di kelas menengah Moto1 tahun 2012 mendatang. Hal ini juga sudah diprediksi oleh Jeremy Burgess (kepala mekanik Valentino Rossi), bahwa tim CRT tidak akan bisa berbuat banyak untuk meraih posisi terbaik di ajang balap MotoGP musim depan.

Harga yang bisa bikin tim kecil bisa gulung tikar tersebut, tentunya sangat tidak relefan dengan pengurangan biaya di ajang balap MotoGP. Kendati harga mesin untuk tim CRT sudah dibatasi sebesar 20.000 euro (lengkap dengan transmisi), namun harga untuk frame prototipe (belum termasuk harga perawatan jika terjadi crash), masih cukup mahal yaitu 1,2 juta euro.

Jika dikalikan dengan jumlah penggunaan mesin maksimal dalam 1 musim yaitu 12 mesin dengan harga komplit motor sebesar 1,5 juta euro, maka tiap tim CRT akan menghabiskan 18 juta euro (Rp. 223,6 milyar) untuk 1 musim (khusus untuk motor). Itu belum termasuk harga jika ada part tambahan untuk komponen sasis semisal terjadi crash.

Hmm, sepertinya masih tetap membutuhkan pendanaan super untuk setiap musim, padahal tim ini juga nantinya hanya akan memperebutkan pencapaian terbaik untuk finish di urutan 10 besar. (Copas dari otosport.co.id)

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 23 Agustus 2011, in Motorsport and tagged , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. kapan indonesia bisa produksi motor ya?
    dan bersaing di dunia internasional?
    maju terus

  2. kalo yang versi 800 cc berapaan ya? katanya lebih mahal ?

  3. Tim CRT suruh pakek Transmisinya Kereta Listrik aja bro, kan lebih kenceng tuh!!!! Hehehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: