Sirkuit F1 akan dibangun kawasan wisata Mandalika Lombok

Bagi penggemar motorsport di Indonesia tentu ini angin segar, karena negara kita sudah lama tidak disinggahi event motorsport dunia. Apalagi satu-satunya sirkuit permanen internasinal yaitu Sirkuit Sentul sudah sangat tua dan sudah tidak memenuhi standar keamanan di era balap moderna. MNC group yang di miliki oleh Hary Tanoesoedibjo akan membangun sirkuit F1 di kawasan wisata Mandalika Lombok NTB, kawasan ini sudah terintegrasi dengan Bandara Internasional Lombok. Siapa tau event sekelas F1 dan motoGP bakal mampir lagi ke Indonesia. Via Detik Finance ini berita selengkapnya:

Jakarta – Kawasan wisata terintegrasi Mandalika Lombok ternyata sudah dirancang sejak 20 tahun lalu namun baru saat ini mulai digarap serius oleh pemerintah. Masalah infrastruktur yang belum teratasi membuat kawasan indah tersebut tak banyak tersentuh pembangunan.

“Kawasan Mandalika sudah 20 tahun lalu direncanakan tapi karena tidak ada airport, sekarang sudah ada. Jelas infrastruktur sangat berperan membuat investasi lebih valueable,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam acara ‘Nusa Tenggara Invesment Day’ di Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2011).

Mari menuturkan, kawasan wisata Mandalika sangat indah dan relatif dekat dengan kawasan wisata Pulau Komodo dan Danau Kelimutu yang hanya bisa ditemukan di NTT. Selain itu, kawasan ini sangat dekat dengan Gunung Rinjani Lombok yang masuk jajaran gunung api tertinggi ketiga di Indonesia. Ia optimistis kawasan Lombok khususnya Mandalika bisa menyamai kepopuleran Bali.

“Bisa, sangat bisa karena apa yang menjadi nilai tambah NTT dan NTB, diferensiasi lebih ke alam,” katanya.

Untuk itu, lanjut Mari, menarik investasi ke wilayah timur merupakan tantangan pemerintah. Hal ini sangat klop dengan program masterplan percepatan, perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI) khususnya di koridor 5.

“Yang perlu kita perbaiki adalah konektivitas, infrastruktur itu bisa dikembangkan,” katanya

Proyek kawasan wisata Mandalika Lombok diperkirakan akan menelan dana hingga Rp 27 triliun. Setidaknya ada enam investor yang menandatangani nota kerjasama pembangunan wisata Mandalika. Terdapat tiga korporasi besar yang berinvestasi mengembangkan kawasan wisata Mandalika Lombok selain BUMN.

Tiga korporasi itu adalah PT Gobel Internasional yang merupakan milik pengusaha Rachmat Gobel yang mendapatkan konsesi lahan seluas 350 hektar untuk membangun fasilitas ramah lingkungan untuk pengelolahan air minum dan limbah. Gobel Internasional juga akan membangun resor dan hotel berbintang.

Selain itu, MNC Group milik pengusaha Hary Tanoesoedibjo melalui anak usahanya PT Global Land Develompment juga memperoleh konsesi mengelola 400 hektar lahan.

MNC akan membangun theme park atau taman hiburan terintegrasi seperti disneyland, underwater park dan techno park. MNC Group juga akan membangun sirkuit balap Formula Satu (F1), plenary hall untuk penyelenggaraan konser dan pelabuhan laut untuk kapal pesiar dan kapal laut.

Perusahaan lain adalah Rajawali Group melalui anak usaha PT Canvas Develovment sdn.bhd, yang akan membangun resort kelas atas, hotel berbintang dan villa di areal seluas 100 hektar. Saat ini di kawasan ini, Rajawali Group sudah mengoperasikan dan mengelola hotel bintang lima.
(nia/hen)

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 12 November 2011, in Motorsport and tagged , . Bookmark the permalink. 17 Komentar.

  1. mampus bali…

  2. Semoga bisa segera direalisasikan🙂

  3. eh masak sih om? wah semoga cepet jadi dah😀

  4. lombok memang indah, paduan alam yg msh alami dan eksotis. Wisatawan di bali hanya mendapatkan budaya n keindahan pulau bali, namun di lombok..wisatawan mendapatkan budaya bali dan sasak sekaligus+keindahan alam yg lebih indah

  5. saya kira lebih banyak penggemar motogp atau balap motor di banding f1,,ngapain nggak buat sirkuit buat motogp aja ya???

  6. wow mantap

  7. “moga berjalan dengan lancar amien”

  8. f1 aja gg cukup cos rata” org indo punya motor.🙂 jd hrs ada sirkuit GP.

  9. smoga smua it jadi kenyataan amien…

  10. kira-kira kapan selesainya nie sirkuit,,,??? mudah-mudahan cepet selesai ya,,!!! saya jga brharap motoGP bisa digelar lagi di INDONESIA,,,

  11. 2 in 1sirkuit modern dua pungsi mas bro

  12. semakin banyak pembangunan maka semakin banyak pula bencana.

  1. Ping-balik: Bakal Ada sirkuit F1 di Lombok . .. Bisa Buat MotoGP/WSBK Juga Kan ? « TMCBlog – Motorcycle News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: