Trans Borneo 4WD Adventure Challange; keliling pulau Kalimantan dengan mobil 4×4

Sewaktu gw masih di Tanjung Selor, Kaltim. Hampir tiap tahun sekali banyak mobil 4×4 dari Malaysia dan Brunei yang singgah di kota kami. Yang gw tahu saat itu memang semacam event ekspedisi keliling kalimantan, dari Brunei-Sabah (Malaysia)-Kaltim-Kalsael-Kalteng-Kalbar-Kuching (Malaysia)-kebali lagi ke Brunei. Lamanya perjalanan sediri sekitar 10-20 hari, apalagi kalimantan jalannya masih offf road, edan… Pesertanya kebanyakan orang Malaysia dan Brunei. Jarang sekali orang Indonesia. Mereka memang mengagendakan event ini rutin. Apalagi era awal tahun 2000an mobil double-cabin belum begitu populer di Indonesia, tapi rombangan ini selalu membawa mobil-mobil jenis ini.

Lihat Rutebya, keliling Kalimantan

Kadang event ini ditayangkan di TV Nasional Brunei (RTB) yang memang bisa ditangkap siaranya di wilayah Kaltim. Sayang sangat sulit sekali mencari informasi mengenai event ini di dunia maya. Mungkin orang-orang malas menulis atau mempublikasikan di web. Sehingga agak sulit mencari informasi lebih jauh. Salah satu dedengkot event 4wdbrunei atau FB Fab Page 4WD Brunei.

Berikut link berita dari Liputan6 tahun 2003 lalu.

Banjarmasin: Sebanyak 13 mobil four wheel drive dan 30 personel mengikuti Trans Borneo 4WD Adventure Challange 2003 di Samarinda, Kalimantan Selatan, baru-baru ini. Para offroader yang bergabung dalam Brunei 4WD Association Brunei Darussalam ini berpetualang menjelajahi daratan Pulau Kalimantan. Belasan peserta dari negeri tetangga ini menempuh jarak ribuan kilometer melalui belantara hutan yang belum terjamah.

Dengan menelusuri daerah-daerah eksotik, mereka bertekad mengembalikan nama Borneo dalam peta pariwisata dunia. Untuk mencapai target itu, mereka menjelajahi wilayah di tiga negara yakni Brunei, Malaysia, dan Indonesia. Di Tanah Air, para offroader melewati Kalimantan Timur, Kalsel, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat.

Ketua rombongan offroad, Haji Ibrahim menyatakan, sangat terkesan dengan pemandangan dan kekayaan alam, budaya, dan hutan perawan yang layak dikunjungi turis asing. Sayangnya kegiatan internasional ini kurang ditanggapi jajaran Pemerintah Derah Kalsel sehingga misi wisata kurang dioptimalkan.

Suatu hari nanti gw juga punya niatan keliling kalimantan, orang Malaysia atau Brunei aja bisa masa Indonesia ngak bisa…

Beberapa Foto-Foto Tran Borneo tahun 2010

Nginap di hutan hal yang lumrah

Kalau tidak ada Fery, nyebrang sungai pake rakit

Brunei-Banjarmasin (Kalsel) 5 Hari 4 malam

Swim Car...

Baru berangkat dari Brunei, masih kinclong...

Ini jalan bukan sawah

Video: Trans Borneo Tahun 1996:

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 24 Februari 2012, in Motorsport and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: