Jelang Seri Pembuka Indoprix 2012

Persaingan semakin ketat akan terjadi pada seri pembuka Indoprix 2012 di Sentul Kecil, Minggu (13/3). Banyak pembalap yang silih berganti team maupun tunggangan. Apalagi perubahan regulasi bobot, dimana bobot total pembalap dan motor minimum 140 kg kini menjadi 145 kg. Selain bobot ideal, juga dibutuhkan sasis lincah dan suspensi yang lentur agar mudah dikendalikan. 

Namun, mulai 2012, Honda bisa membuat persaingan Yamaha dan Suzuki akan lebih ketat. Hal itu karena mereka punya tim dan pembalap berpengalaman dari Yamaha. Bergabungnya Star Racing menjadi Astra Motor Racing Team (ART), tim yang dipimpin Benny Djatiutomo ini adalah tim juara di Indoprix dengan Denny Triyugo sebagai andalannya. Bersama  Wawan Hermawan, Denny diharapkan mampu memberikan kubu Honda kemenangan. Pada seri 3 Indoprix 2010 yang dilaksanakan di Sentul Kecil, Denny sukses memborong podium langsung di 2 kelas, IP 110 cc dan IP 125 cc. Selain Denny, pembalap senior Yamaha lainnya yang hengkang ke Honda adalah Hokky Krisdianto. Kini Hokky bernaung di bawah tim Honda Tunas Jaya Federal Oil KYT.

Buat Yamaha, Sentul Kecil ini tak jadi kendala besar karena sasis dan suspensi Jupiter Z justru cocok dengan sirkuit pendek yang patah-patah. Gampang diajak bermanuver dengan mesin yang reliable jadi kekuatan utama Yamaha. Apalagi pembalap Yamaha berpengalaman seperti duet Yonk Jaya, Sigit PD dan Florianus Roy, Rafid Topan yang tetap balap di Indoprix dengan tim Yamaha Yamalube Nissin KYT Tunggal Jaya, serta Hendriansyah (HRVRT BGM-HBM Racing Team). Di Sentul Kecil mereka masih dijagokan.

Suzuki yang didukung Yoshimura masih dengan format 2 tim, yaitu AHRS dan Chia Felix bisa membuat kejutan dengan kembalinya Harlan ke kubu AHRS di 2012. Harlan diharapkan membuat kejutan karena sudah paham karakter Smash 110 dan Shogun 125 di Sirkuit Sentul.

Sementara  Kawasaki musim ini melakukan penyegaran dengan masuknya H. Yudhistira yang berduet dengan Gupito Kresna. Kawasaki  belum pernah podium di Sentul Kecil karena kendala sasis yang belum maksimal diajak belok cepat. Lantaran masih kerepotan dengan sasis, kali ini Kawasaki dibantu pembalap senior M Fadli meriset Edge dan Athlete. Dengan bantuan Fadli, Kawasaki berharap bisa membuat progres lebih cepat. Tapi sepetinya M.Fadli tidak ikut balapan di seri pembuka Indoprix ini.

Persaingan akan dimulai sejak kualifikasi, sirkuit sentul yang panjangnya 1.099 m ini hanya bisa menampung 28 grid motor, sedangkan jumlah peserta Indoprix 2012 sebanyak 37 pembalap. Artinya ada 9 pembalap yang bakal menjadi penonton saat race nanti. Catatan best lap di sentul kecil sekitar 57 detik dengan rata-rata perlapnya 58 detik. Pembalap harus mendekati catatan waktu ini kalau tak ingin pulang duluan. Sungguh pedih tersisih dari sesi kualifikasi sejak seri pertama.

Satu hal lagi yang tak kalah penting, pembalap harus mempersiapkan fisik agar berada dalam kondisi prima. Begitu pula dengan daya tahan motornya. Sebab, Sentul Kecil yang pendek dan berliku bakal sangat menyiksa. Pada Indoprix di sentul kecil ini akan dilaksanakan sebanyak 30 lap dan menerapkan format 2 race untuk kelas IP 110 dan 2 race untuk IP 125. Dengan begitu, pebalap akan melibas tikungan sebanyak 1.800 kali karena Sentul Kecil memiliki 15 tikungan. (30 x 4 x 15 = 1.800). Balapan yang tidak hanya menguras konsentrasi juga fisik dan motor pembalap.

Jangan lupa untuk menyaksikan secara langsung di Sirkuit Sentul Kecil mulai pukul 09.45 WIB hari Minggu 11 Maret 2012. Atau siaran lansung di TV ONE mulai pukul 15.00 WIB (Race 2 IP 110 dan IP 125 Live on TV).

Disarikan dari berbagai sumber: MotorPlus, DapurPacu.com, Otomotifnet.com

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 10 Maret 2012, in Motorsport and tagged . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: