MotoPrix Seri 3 Region 2 Sentul Karting Rusuh, Gara-gara Marshall…

Pembalap saat Start
Pict: Dokumen Pribadi

Tidak sengaja juga nonton MotoPrix Region 2 atau region jawa kemarin (Minggu 6 Mei 2012). Event yang seharusnya digelar di kemayoran akhirnya dipindahkan ke Sirkuit Sentul Karting karena isu geng motor menyebabkan penyelengara tidak mendapatkan izin dari kepolisian setempat. Kalau tahun-tahun sebelumnya hanya menyaksikan Indoprix kali ini coba merasakan meriahnya atmosfir Motoprix.

Saat race MP3 (bebek 4T 125 cc Tune-Up Pemula) berlansung sebenarnya saya sudah mau pulang, jam sudah menunjukan hampir pukul 2 siang. Eh.. ternyata insiden terjadi, pembalap penguna Honda Supra 125 warna putih mula-mula terjatuh di tikungan terakhir jelang trek lurus Sentul Karting tepat didepan tribun penonton. Motornya terseret dari mulai mau masuk tikungan hingga ke grevel tepat dipinggir penonton meninggalkan ceceran oli ditengah trek. Motor supra ini meneluarkan asap tebal hampir terbakar, pembalapnya pun sempat kesal dan menendang motornya. Penonton pun sudah teriak-teriak memperingatkan panitia bahwa ada ceceran oli. Marshall hanya mengibarkan bendera kuning, seharusnya bendera kuning garis merah tanda ada ceceran oli atau langsung bendera merah karena ceceran oli ditengah trek sangat berbahaya, 2 orang marshall masuk ke trek untuk mengeluarkan Supra tersebut namun tidak jadi. Beberapa saat kemudian pembalap terdepan mulai lewat, beberapa pembalap menginjak ceceran oli itu hampir terjatuh.

Saat motor pembalap team Andy Speed menabrak motor pembalap team Yonk Jaya
Pict: http://maniakmotor.com/

Naas pembalap pemula dari team Yamaha Yonk Jaya yang berada di barisan tengah keluar tikungan agak melebar. Dia menginjak ceceran oli hingga terjatuh, motornya masih di piggir trek belum sampai keluar. Dibelakangnya datang pembalap pemula dari team Yamaha Andy Speed, keluar tikungan agak melebar dan tidak sempat menghindari motor dari pembalap Yonk Jaya. Akhirnya tabrakan pun tak terelakkan, motor pembalap Andy Speed sampai mental ke udara, pelek dan fork depan bengkok.

Motor pembalap team Andy Speed mental ke udara
Pict: http://maniakmotor.com

Sangking kesalnya, penonton mulai rusuh meneriaki panitia. Beberapa penonton melempari botol minuman ke trek, pembalap yang lewat hampir saja terkena lemparan. Akhirnya baru bendera merah dikibarkan tanda balapan dihentikan, baru 6 lap dari 16 lap yang direncanakan. Pembalap pun masuk kembali ke pit, trek sudah kosong baru panitia menaburkan serbuk putih/kapur dan semen untuk untuk meminimalisir ceceran oli. Sempat beberapa kru pembalap melayangkan protes keras ke panitia.

Pembalap Pemula team Andy Speed mendapatkan pertolongan
Pict: http://maniakmotor.com

Penonton rusuh, masuk ke dalam trek
Pict: http://maniakmotor.com

Setelah trek dirasa aman, pembalap kemudian masuk kembali ke trek. Dilakukan warming-up lap 2 kali untuk melihat kesiapan trek. Trek dinyatakan aman balapan kembali dilanjutkan, menyelesaikan lap yang tersisa. Sayang saya tidak sempat memfoto karena kejadian begitu cepat namun ada dokumentasi versi Maniak Motor. Kasian pembalap muda ini akibat marshall/panitia kurang tanggap mereka jadi korbannya.

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 7 Mei 2012, in Motorsport and tagged . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. wah, alpha sedikit, tapi effectnya gedeeee

  2. wkwkkw, gayanya ngga sengaja nonton motoprix, xxiix
    btw, ngeri bgt sampe gitu ya, wah panitianya nggak PRO, gimana mau ikut motgp????
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/05/07/knalpot-honda-tiger-di-honda-megapro/

  3. kasian kasian kasian

  4. untuk event motorprik hampir semua marshall kurang pengalaman dan kurang sigap,terkesan promotor cari tenaga asal asalan, dan marshal asal dapat duwit,padahal tanggung jawabnya berat

  5. panitia kurang sigap,sayang ga sempet nonton,kerja soale,rencana mau suport tim balap temen ane honda faito taruna motor,sayang hasilnya kurang memuaskan,mp1 n mp2,n seperti biasa sentul kecil jadi ladang mpuk buat yamaha,

  6. undah tau ada oli tumpah di sirkuit.tp penjaga’y kurang sigap.ahir’y penonton juga yg berentiin balap.Tapi asli seru banget acara’y kemaren di sentul kecil.ga nyesel saya bela2in nonton,Seru abizzzz….

  7. wahh klo liat potonya…
    jadi inget edward sama rosi nabrak si kribo gila 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: