Calon Teammate Doni Tata dulu, Kini Jadi Pembalap Pabrikan WSBK

Sekedar membuka lembaran lama. Tahun 2009 lalu saat Doni Tata pindah ke balapan World Super Sport (WSS). Dia rencananya akan ditemani juara Super Stock 600 Eropa yaitu Loris Baz. Loris Baz saat itu baru berusia 15 tahun dan Doni Tata 18 tahun. Tahun 2008 lalu pembalap Prancis ini memegang rekor sebagai pembalap termuda yang pernah menjuarai Super Stock 600 Eropa dengan catatan tiga kali kemenangan, 8 podium, dua kali pole positions dalam 10 race menggunakan motor Yamaha R6. Atas dasar itulah team MG Competition asal Prancis coba mengontrak pembalap ini dengan catatan harus membawa sponsor pribadi. Mungkin perjanjiannya team  MG Competition hanya menyediakan motor dan keperluan balap saja sementara untuk membiayai balapan dari sponsor pribadi. 

Loris Baz Tahun 2008

Loris Baz Tahun 2008

Loris Baz saat juara Super Stock 600 Eropa tahun 2008

Sayang sampai deadline pendaftaran peserta WSS, sponsor tak kunjung dapat membuat Loris Baz gagal mengikuti WSS. Kabar lain mengatakan dana dari sponsornya hanya cukup untuk kejuaraan eropa. Sementara saat itu Doni Tata mendapat support penuh Yamaha Indonesia akhirnya menjadi pembalap tunggal team MG Competition. Loris Baz akhirnya hanya naik kelas ke Super Stock 1000 Eropa.

Loris Baz Tahun 2009

Tahun 2009 Baz bisa dikatakan sebagai best rookie dengan menempai posisi 8 klasemen akhir. Tahun 2010 kembali Baz menempati posisi 8 di klasemen akhir. Tahun 2011 dia membuktikan talentanya sebagai juara Junior Super Stock 1000 Eropa. Tahun 2012 akhirnya Baz dikontrak Kawasaki untuk berlaga di  World Super Stock (WSTK) 1000 yang serinya berbarengan dengan WSBK.

Loris Baz Tahun 2010

Kini status Loriz Baz masih jadi pembalap World Super Stock 1000. Tetapi sejak mengawali kiprahnya sebagai pembalap pengganti untuk Joan Lascorz yang mengalami cedera parah pada tulang belakangnya. Ia memulai debutnya di World Superbike Championship (WSBK) seri Eropa di Sirkuit Donington Park, Inggris.

Loris Baz Tahun 2011

Meski tidak terlalu menonjol namun perlahan ia mampu meraih hasil bagus di beberapa seri kemudian, yaitu finish di posisi finish podium di WSBK Ceko race pertama. Usai meraih podium perdananya di Ceko, Baz pun melanjutkan performanya di WSBK Inggris di Sirkuit Silverstone. Dimana ia meraih kemenangan fantastis di race 1 dan podium kedua di race 2.

Hasil ini menjadi pembuktian talenta terbaiknya sebagai pembalap muda yang punya masa depan cerah di ajang balap WSBK untuk musim selanjutnya. Tidak heran jika Kawasaki Racing memberikan kesempatan yang lebih cerah kepada pembalap asal Perancis itu di musim 2013 sebagai pembalap resmi team pabrikan menemani Tom Sykes.

Yang menjadi catatan kenapa Doni Tata hanya diberi kesemapatan satu tahun di WSS. Bukan tidak mungkin kalau diberi kesempatan lebih maka prestasinya akan lebih baik. Mungkin???

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 26 September 2012, in Motorsport and tagged . Bookmark the permalink. 14 Komentar.

  1. jalan hidup orang berbeda beda, yang penting tetap semangat dan melakukan yang terbaik.

  2. karir loris baz ini memang moncer, sehingga pantes banget nemenin sykes di team ijo yang kian kenceng di sbk . . . doni ?

  3. doni ya seperti kita liat sekarang, ikut di supersport nasional & arrc…. semoga pabrikan seperti honda & yamaha bersedia merekrut rider muda kita. ikut pembibitan level eropa. ga cuma jualan aja disini..

  4. Di Indonesia susah cari sponsor. Sponsor jarang ada mau biayai tim balap, karena kurangnya penayangan di TV.

    Imho🙂

    • ya ini paling masuk akal, mana ada WSBK atau WSS ditayangin di TV lokal, juaarannnggg banget. itulah mengapa sponsor gak mau biayain, rugi

  5. mungkin prestasi baz cenderung naik, sedang doni cenderung turun

  6. kalau Baz kan sejak dini udh dkenalin dunia balap motor sport,sedangkan Doni Tata masih beberapa tahun yang lalu masuk motor sport (kapasitas mesin besar)
    jd ya mau gmana lge,pengalamannya udah kurang dtambah lagi seumuran Baz lebih mudah dbentuk ketimbang sudah seumuran Doni Tata (seumuran Doni Tata ya udah masuk Moto2 atau MotoGP)

  7. ah doni tata mah gk seberapa, dulu cuman dibuat besar sama yamaha untuk kepentingan yamaha juga(pencitraan, kaya parpol lah) jd yah ngpain kalo dah tenar buang” uang lg buat hal yg udah jelas gk layak berada dipentas itu. bukan cuman dono tata, semua peserta from zero to hero gk ada dengungnya lagi tuh.

  8. Gembala bebek gak mungkinlah disuruh mengembala macan atau kerbau…sponsor dah tahu itu….

    Pencitraan yang gagal…kasihan

  9. Indonesia biasa balap bebek, jd susah…

  10. indonesia bgt… (yg pencitraanlah, yg bebeker lah, yg kayak parpol lah).

    kalo gak ada orang kayak macam gitu, indonesia udah maju dari dulu.

  11. bner bgt tuh, masa, pnggembala bebek dsuruh mnggembala macan, jelas susah lah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: