Gimana Kalau Yamaha Vixion Lightning dan Honda CB150R Diadu Di Sirkuit Saja

Honda CB150R

Setelah merilis kejurnas sport 250 sebagai penjenjangan menuju Supersport. Rasanya masih ada yang kurang yaitu sirkuit, hanya Sirkuit Sentul yang dinilai aman dan layak untuk menggelar ajang balap sport 250 ini. Padahal bibit-bibit pembalap tersebar luas di seluruh Indonesia, apalagi sirkuit kecil permanen sudah menyebar di berbagai daerah. Kenapa tidak merilis ajang Sport 150 saja sebagai penjenjangan menuju sport 250 dan akhirnya menuju Supersport. Balapan sport 150 masih aman digelar di sirkuit kecil permanen ataupun trek dadakan tentu dengan beberapa modifikasi aturan, misalnya dengan pengurangan grid start tidak sebanyak balapan motor bebek.

Yamaha Vixion Lightning

Bila nostalgia ke eranya zaman motor 2-tak, balap dengan motor sport cukup diminati. Yamaha RX King dan Ninja 150 R adalah motor yang sering dipakai. Dengan regulasi standar tune up saja motor tersebut sudah sangat kencang, bayangkan saja power motor-motor itu bisa mencapai 25-30 DK jauh dari motor-motor underbone 4-tak . Di beberapa daerah dengan trek dadakan yang kurang aman malah merenggut korban jiwa. Akhirnya dengan kurang populer nya motor 2-tak dan masalah keamanan balapan tersebut dihapus dari kalender balap IMI.

Era RX King di balap Road Race

Saat ini penguasa balap nasional hanya dikuasi dua merek Yamaha dan Honda. Sedangkan Kawasaki hanya sebagai kuda hitam. Apalagi dirilisnya Yamaha Vixion Lightning dan Honda CB150R secara bersamanaan. Seakan menunjukan bahwa kedua motor ini ingin head to head tidak hanya disektor penjualan tapi juga adu otot di sirkuit. Apalagi bergenre sama yaitu street fighter dengan spek yang terbilang mirip. Konon kabarnya Kawasaki juga bakal merilies Ninja 150 4-tak.

Yamana Vixion sudah dipakai latihan pembalap Yamaha

Secara spek mesin banyak yang bilang kedua motor ini tidak sebanding. Yamaha Vixion Lightning dengan mesin SOHC lebih inferior dibanding mesin DOHC Honda CB150R.  Tetapi itu tergantung situasi dan kondisi, sirkuit-sirkuit kecil permanen di Indonesia rata-rata membutuhkan power di putaran bawah dan menengah, kecuali sirkuit besar seperti Sirkuit Sentul baru butuh power atas. Dengan situasi seperti ini maka Yamaha Vixion Lightning bisa diunggulkan dari pada  Honda CB150R.

Bagaimana dengan regulasi dan pembalapnya? Untuk awalan regulasi tehnik dibuat sederhana saja, misalnya hanya boleh ganti piggy-back dan knalpot serta korek mesin standar tune-up. ECU Racing atau Stand Alone yang harganya di atas 4 juta diharamkan, kecuali sudah ada ECU Racing murah. Sementara untuk pembalap diawal-awal tidak batasi pembalap seded maupun pemula, batasi saja umurnya misalnya maksimal 21 tahun, tujuan balapan ini kan mencari pembalap muda yang familiar dengan motor sport tidak melulu dengan underbone.

Sekarang tinggal IMI sebagai penentu kebijakan mau tidak menyelenggarakannya. Bisa dimulai tahun depan dengan kelas suporting MotoPrix maupun Indoprix dan tahun berikutnya menjadi kejurnas. Tentu pemenangnya akan menambah nilai promosi bagi motor tersebut.

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 2 November 2012, in Motorsport and tagged , , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. boleh juga tuh, balapan di sirkuit wajib

  2. seru kayanya

  3. Ditunggu🙂

  4. ide yg bagus tuh..tapi cb150 lawan old vixi ban cungkring dong,all new vixi msh ragu kekuatannya kalo di sentul.

  5. Satri fu boleh ikut ap engga kan sama2 150cc

  6. bener juga, mendingan diadu di sirkuit aja.
    Masak diadu di atas kertas terus.

  7. bebek fu & tormax boleh ikutan gak, biar tambah rame

  8. setuja

  9. ya tu cb150r menangnya di track lurus doang dong.. kalo tracknya pendek, ato meliuk2 vixion lightning jelas gag kesalip

  10. cb dan vixi 2motor beda karakter,klo untuk balap jelas DOHC dong jagonya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: