FP3 dan QTT Moto2; Topan Penuhi Target Lolos Kualifikasi

Siang waktu Valencia atau pukul 17.10 WIB dilaksanakan Free Practice 3 Moto2. Kali lintasan sirkuit Vancia agak galau. Sebagian kering sebagian pula masih sedikit basah akibat hujan dari kemarin. Topan akhirnya bisa merasakan setingan motornya untuk sirkuit kering, memang tidak benar-benar kering. Tapi namanya pertama kali, Topan harus banyak-banyak merasakan motornya baik di sirkuit basah maupun kering. Memang peforma belum cukup baik. Tapi paling ngak bukan posisi paling buncit, Topan masih bisa ngalahin pembalap satu orang pembalap dari Brazil. Topan diposisi 32 masih ketinggalan 3 detik lebih dari Pol Espagaro sebagai yang tercepat pada sesi FP3.

Rafid Topan bersama pak Diyan Dilato sebagai meneger pribadinya

Tiba sore hari waktu Valencia atau pukul 21.10 WIB, saatnya kualifikasi Moto2. Sesi kualifikasi Moto2 dilaksananakan terakhir setelah Moto3 dan Moto3. Sirkuit sudah benar-benar kering. Baru menit-menit awal team QMMF sudah dirudung duka, rekan satu team Topan, Elena Rosell terjatuh di R1 Valencia.

Topan melibas tikungan…

Rafid Topan baru keluar dari pit stop mencoba mencari catatan waktu terbaik. 10 menit menjelang sesi kualifikasi berakhir Topan terjatuh. Dia berusaha mencapai limit maksimal kemampuan dirinya dan motornya. Setelah sesi kualifikasi berakhir Topan berada di posisi 31, dia tertinggal 3,791 detik dari Pol Espagaro yang mencetak Pol Position. Berarti ada dua pembalap di belakang Topan termasuk rekan satu teamnya Elena Rosell. Satu lagi Marc Marquez akan start paling belakang juga karena mendapat hukuman menyenggol Simoni Corsi. Kalau posisi yang ditinggal Marquez diisi pembalap dibelakangnya maka Topan akan naik ke grid start 30 tapi kalau tidak atau dikosongkan Topan tetap di grid start 31 dan Marquez di grid start 34.

Di trek lulus motor ini bisa tembus diatas 260 km/jam, jauh diatas supersport Nasional maupun Asia

Target Topan di Valencia hanya lolos 107% dari pemegang pole position, itu bedanya hampir 7 detik. Topan hanya tertinggal 3 detik lebih. Soal target berarti sudah terpenuhi, Topan ngak sia-sia jauh-jauh datang ke Spanyol. Cuaca saat race nanti diramalkan bakal hujan. Bisa jadi Topan bisa menyodok kedepan, saat FP1 hujan deras Topan sempat masuk posisi 10 besar. Kita natikan saja race motor pukul 17.10 WIB nanti.

Rafid Topan dibelakang Pol Espagaro

Satu lagi ni, Topan mengunakan racing suit AHRS lho, ini racing suit model terbaru protectornya dilapisi titanium ngak kalah sama produk terkenal. Bangga produk lokal ini bisa lolos scrutineering MotoGP yang terbilang ketat soal keamanan.

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 11 November 2012, in Motorsport and tagged . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. Semoga saja hujan, coz konon pembalap yang berasal dari negara tropis lebih cepat beradaptasi dengan hujan apalagi misal main di kandang sendiri Macam Hafizh Syahrin kemarin😀

  2. doni tata jg dulu wkt d 250 cukup bagus pas hujan..

  3. Mudah mudahan ke shooot kamera, maklum trauma dulu mau liat doni tata sampe gregetan karna posisi sering buncit ga ke shoot kMera

  4. hasilnya rafid topan urutan buncit dan crash lg dnf
    Lagi2 pembalap indonesia blm bs berbuat bny, butuh rider yg super agresif. Sepertinya doni tata harus balik lagi ke moto2, dl krng beruntung krn msh termuda usia 15-16 th

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: