Berdasarkan Data Warming-Up, CBR 250 ART kalahin Ninja 150 spek FFA/OMR

OMR Ninja 150 bisa dibilang merupakan satu-satu balapan yang masih menggunakan mesin 2 stroke. Spek mesin 2-tak memang khas, suara knalpot melengking, body ringan, akselerasi cepat serta tenaga besar. Namun ada kelemahan mesin 2 tak yaitu akselasi yang spontan serta powerband yang singkat menyebabkan sulit dikontrol apalagi bagi pembalap sekarang yang terbiasa dengan motor 4 tak, salah sedikit saja ketika membuka gas saat keluar tikungan menyebabkan motor sliding dan sulit dikendalikan akibatnya time lap makin lambat. Oleh sebab itu pembalap sangat senior seperti Imanudin masih bisa juara umum OMR Ninja 150 tahun lalu karena memang pembalap jaman dulu lebih familiar dengan mesin 2 stroke, spek besutanya bisa dilihat disini.

Nah fakta menarik saat sesi Warming UP seri 1 IRS 2012 minggu pagi lalu.  Sesi warming-up lap Kejurnas Sport 250 dan OMR Ninja 150 dilaksakan hampir bersamaan, kalau tidak salah cuman jeda 10-15 menit. Berarti kondisi trek dan cuaca hampir sama. Paling ngak bisa menjadi titik acuan. Data fastest lap saat sesi warming-up Ninja 150 dicetak oleh Imanuddin adalah 1:50,462 dengan kecepatan rata-rata 129,221 km/jam sedangakan  fastest lap saat sesi warming-up kejurnas sport 250 dicetak oleh Denny Triyugo 1:49.373 dengan kecepata rata-rata 130,508 km/jam. Artinya CBR250 milik team Astra Motor Racing Team (ART) ini lebih cepat 1,089 detik dan kecepatan rata-rata  lebih cepat 1,287 km/jam.

Bisa jadi sesi warming-up yang dilaksanakan pada pagi hari belum mengeluarkan semua potensi Ninja 150 kilikan CMS ini. Mungkin saja suhu trek dan udara masih dingin atau suhu ban dan mesin Ninja belum mencapai suhu optimum atau pula pembalapnya tidak terlalu serius menggeber tunggangannya. Berdasarkan data fastest lap tahun lalu, Imanuddin bisa mendapatkan waktu 1:46,489 dengan kecepatan rata-rata 134,042 Km/Jam. Artinya data fastest lap CBR250 team ART masih ketinggalan 2,884 detik. Sedangkan race OMR Ninja 150 minggu lalu dilaksanakan sore hari saat hujan mengguyur sirkuit Sentul dan kondisi trek basah total. Jadi data saat race tidak bisa digunakan.

Jadi seandainya dibuka race FFA 250 cc boleh menggunakan motor 2 tak atau 4 tak yang waktu pelaksanaanya dan kondisi trek sama dengan sesi warming-up bisa jadi Honda CBR 250 milik team ART akan mengasapi Ninja 150 spek OMR/FFA. Memang sih analisis ini masih berdasarkan data warming-up saja. Namun potensi ini masih terbuka lebar.

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 26 April 2012, in Motorsport and tagged , . Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. gila brooo ternyata cbr sih cabe rawet makin lama taji juga ….ninja kalah deh tinggal kenangan and dulu mencibir cbr sekarang di cibir gantian kasian deh lohhhhhhh

  2. kayaknya cbr 250 bisa deh disalip ninja RR boncengan
    wkwkwkwkkwkwkwk

  3. warming up mah belum keluarin kemampuan maksimalnya.

  4. imanudinnya lg gak serius mungkin,

    fastest lap yg tahun lalu bisa ampe 1:46 tuh

  5. kok yang dipakai malah yang ninja R 150 ya knp ga pake ninja RR kan udah fairing dari barunya??
    trus fairingnya custom ato import thailand juga??

  6. Suspensi belakang NinjaR lama juga lebih bagus mas bro, Masih pakai link Unitrak, kalo yg sekarang malah versi murah (ditancep langsung di swingarm)…bikin produk kok malah mundur ya, padahal harga lebih mahal!?

    • suspensi pastinya udah bukan standart abis bro, seingetku velg putih diatas merk marchesini.. kalo gak salah inget dulu belinya aja 20 juta sepasang!
      velg tersebut uenteng buanget!

  7. klo dilepas bareng saya rasa 2 tak bisa lebih didepan, masalahnya pembalap 2 tak dan ninja 250 bukanlah pembalap professional, rata2 cuman pembalap klub. butuh pancingan agar mereka bisa memaksimalkan motornya

    • Imanuddin n dicky eks pembalap profesional bung…raja Underbone era 90an. meskipun udah tuwir…tapi pembalap pembalap ABG aja di embat! masih inget Ali Adrian bertekuk lutut sama Imanudin?

  8. kalo ngomongin racikan CMS (kerry hutama)gak usah di bantah, beliau Raja kilik motor era 90an. Ninja CMS tersebut bekas semplakan Felix. radioator aja pake punya honda RS125 spek GP.motor tersebut udah lama berkiprah…knalpotnya aja masih aseli bawaan dulu.
    yg gua tunggu yaitu racikan Om Kerry seumpama beliau meriset Ninja 250 atau CBR 250?

  9. di kenjeran tahun 1996-1997 Ninja CMS velg putih dengan rider Felix vs NSR150 R alex Hermawan…gila seru abiees meskipun Ninja kalah. tapi balap dulu emang gila. Ninja CMS waktu itu msh warna biru dengan velg putihnya…kabarnya baru di pesen dari malaysia…lsg di buat balap di Kenjeran…salut om Kerry!

  10. kalo ninja yang diatas juga sering nimbrung di FARRC…tapi lupa urutan berapa. cuma kalo buat lawan kelas lokalan lawan TZM n NSR, ninja ini Rajanya!

  11. di pontianak khusus nya?ninja krr msh merajai jln?
    smua tergantung settingan nya mas bro?pkai mecanik pontianak.

  12. Musti inget suzuki RGR sport tuneup geberannya rafid poppy dulu waktu msh team suzuki kejurnas kemayoran thn1997 ngalahin ninja CMS yg naek kerry hutama sendiri waktu kerry baru pulang ke indo selesai di kontrak kawasaki malaysia

  13. Bandingin lewar warming up.
    Sekalian aja race ninja150 vs cbr250. Baru real.

Tinggalkan komentar