Sidecar World Championship, balap unik sambil boncengan…

ejarah panjang balap sidecars atau motor dengan gandengan sespan di samping kiri. Sebelum tahun 1977, balap sidecars sudah dimulai. Menggunakan sebuah baju balap tradisional dan dengan suspensi diturunkan. Bodi sespan  dengan roda terbuka akan memiliki platform datar. Aki/batrei dan tangki bahan bakar akan ditempatkan diantara sepeda motor dan sespan, atau pada platform sespan. Rangka subframe, struts, klem, bodi sespan, dll akan bergabung dengan mainframe sepeda motor dan membentuk sebuah single frame.

LCR sidecar di pit

Kini Sidecars berlari di sirkuit modern menggunakan  mesin berteknologi tinggi seperti mesin-mesin superbike. Casing sidecar dibangun dengan teknologi mobil balap dan ban lebar serta memiliki profil datar. Mereka kadang-kadang dikenal sebagai “cacing”. Desain dasar tetap tidak berubah sejak tahun 1981.

Berdasarkan peraturan FIM, kata “Rider” berlaku bagi pengemudi dan penumpang. Sopir diposisikan berlutut di depan mesin dengan tangan di dekat roda depan, sedangkan penumpang bergerak sekitar sespan bagian belakang mentransfer berat badan mereka dari kiri ke kanan menurut sudut dan maju atau mundur untuk mendapatkan traksi untuk bagian depan atau belakang . Penumpang juga membantu pengemudi, dan juga biasanya orang

Sidecar di garis star

pertama yang melihat adanya masalah mesin karena ia berada di sebelah mesin saat pengemudi di depannya. Keduanya harus bekerja sama untuk menjadi tim sukses. Umum untuk sebutan sopir adalah “Pilot”, sedangkan penumpang memiliki beberapa julukan yaitu “Acrobat” digunakan di Amerika Utara yang tidak lagi digunakan, dan istilah sekarang umumnya “Monkey” yang berasal dari Australia. Kadang-kadang kata-kata “Co-Driver” atau “Co-Pilot” juga digunakan.

Kalender balap FIM Sidecar World Championship

  1. 15/05/11 FIM SIDECAR WORLD CHAMPIONSHIP GERMANY/ALLEMAGNE
  2. 19/06/11 FIM SIDECAR WORLD CHAMPIONSHIP HUNGARY/HONGRIE
  3. 26/06/11 FIM SIDECAR WORLD CHAMPIONSHIP CROATIA/CROATIE
  4. 17/07/11 FIM SIDECAR WORLD CHAMPIONSHIP GERMANY/ALLEMAGNE
  5. 21/08/11 FIM SIDECAR WORLD CHAMPIONSHIP GREAT BRITAIN/GRANDE-BRETAGNE
  6. 28/08/11 FIM SIDECAR WORLD CHAMPIONSHIP GERMANY/ALLEMAGNE
  7. 24/09/11 FIM SIDECAR WORLD CHAMPIONSHIP FRANCE

Monggo dilihat videonya: 2000 World Sidecar Cup Assen – Last Lap

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 16 April 2011, in Motorsport and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. nyali lebih besar dari skill
    videonya ga bisa langsung klik bro,,,

Tinggalkan komentar