The Asia Dream Cup, Beasiswa balap Asia ala Red Bull Rookies

Pebalap-pebalap Asia kini makin berpeluang besar untuk bisa berkiprah di kejuaran balap motor dunia. Ini Setelah Kejuaraan Motor Asia (ARRC) PETRONAS yang kini memasuki putaran akhir di Sirkuit International Losail, Qatar. Promotor Kejuaraan, Two Wheels Motor Racing (TWMR) Sdn Bhd dan Honda Motor Co. Ltd, Jepang berkolaborasi memperkenalkan kategori baru untuk musim 2012 – yakni the Asia Dream Cup.

Kelas baru ini akan dilangsungkan dengan dukungan sepenuhnya  Honda Motor Co Ltd, Jepang dan ini merupakan bagian program beasiswa kepada 21 pebalap muda berbakat dari seluruh Asia.

Untuk musim 2012 nanti  16 pebalap dari Malaysia, Indonesia, Thailand, Jepun, China, India, Filipina, Australia dan New Zealand serta 5 pebalap dari negara-negara Asia lain akan mengambil bagian pada kelas baru ini.

Para pebalap akan menggunakan motor Honda CBR 250R, yang speknya mirip dengan kelas Moto3 (1 silinder 250cc) yang bakal memulai lombanya di MotoGP 2012.

The Asia Dream Cup akan menjadi landasan bagi pebalap Asia untuk naik kelas dari kategori Underbone ke kelas yang lebih tinggi yakni 600cc, Moto3 ataupun Moto2.

Pada penghujung musim 2012 nanti, pebalap terbaik bersama dua pebalap terpilih akan mendapatkan wildcard untuk berlomba di Moto3 pada tahun 2013 mendatang.

Program 5 tahun ini akan dilangsungkan bersama-sama dengan Kejuaraan Motor Asia (ARRC) PETRONAS.

Siapakah pembalap Indonesia yang bakal terpilih, yang pasti dia harus pembalap muda yang punya prestasi dan skill menonjol, Program ini mirip Red Bull Rokies yang dilaksanakan MotoGP, pembalap tinggal bawa badan aja, motor disiapkan penyelenggara.

Sumber: Indonesianracing.com dan ARRC.com.my

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 19 Desember 2011, in Motorsport and tagged , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. wow… keren banget ya….

  2. mantep mas bro!!! jossss semoga pembalap didaerah tahu kabar gembira ini.. salam hangat..

  3. semoga prestasi pembalap nusantara semakin naik ya mas bro

  4. pengen sekali jadi pembalap moto internasional

  1. Ping-balik: Setelah Ninja 250R, CBR250R pun ditunjuk menjadi motor Balap Official Kelas Pemula « TMCBlog – Motorcycle News

Tinggalkan komentar