Racing Part spesial dari Takegawa Jepang

Setelah ngalor ngidul di dunia maya, sekaligus nyari-nyari tentang perkembambangan teknologi racing part terbaru. Ane ngak sengaja menemukan beberapa racing part spesial dari Takegawa. Yup.. Takegawa adalah produsen racing part asal jepang yang konsen membuat racing part untuk motor-motor kecil seperti minimoto. Beberapa basis mesinnya mirip dengan bebek yang beredar di Indonesia, seperti Honda Mongkey dan Honda Super cup yang make mesin C-100 sama seperti generasi mesin supra-x lama. Atau KLX110 dan KSR 110 yang blum lama ini di launching Kawasaki Indonesia, basis mesinnya mirip dengan bebek Kawasaki kaze, blitz hingga edge 110. Nah kenapa racing part spesial karena bisa dibilang ngak pasaran, kalau selama ini part-part pendongkrak tenaga hanya kit bore-up, produsen Takegawa membuat yang spesial lagi. Tentu semakin advance teknologi semakin mahal pula harga. Nah berikut beberapa part special yang ane temukan 😀

1. Takegawa +R Superhead 4 Valve Bore Up Kits

Nah yang satu ini paket bore up untuk Kawasaki KLX 110 dan KSR 110 dimana basis mesinnya mirip dengan Kawasaki kaze, blitz hingga edge 110. Kit bore up ini mulai dari 125cc, 138 cc hingga 178 cc. Sementara kepala silindernya masih SOHC tapi sudah menerapkan 4 klep, 2 klep hisap dan 2 klep buang. Mekanisme mirip dengan Yamaha Jupier MX atau Vixion dimana pelatuknya bercabang untuk menonjok 2 klep.Dipadukan dengan part lainnya ternyata tenaga yang dihasilkan bisa berkali-kali lipat, silahkan lihat grafik di bawah ini.

Juga ada pake bore-up untuk Honda Monkey dan Supercup yang basis mesinnya mirip Honda Supra-X 100 cc lama. Kalau untuk Honda ini pake bore up hanya bisa sampai 124cc dan 138 cc. Itu karena jarak antara ke-empat baut silinder yang memang terbatas. Paker part ini sifatnya plug n play tinggal pasang aja dan setting hingga ketemu yang paling optimum.

2. Takegawa DOHC Bore-Up Kit

Kalau yang inu sudah menganut sistem DOHC, dimana menggunakan dua camshaft yang menonjok 2 klep. Mekanismenya berbeda dengan sistem DOHC konvensional seperti punya Satria F-150 atau Honda CBR 150 dimana rantai kamrat mengerakkan 2 gir di kop silinder. Kalau paket ini gir di kop silinder masih satu, tetapi ada mekanisme gearbox untuk menggerakkan 2 camshaft tadi.

3. Takegawa Desmo 4V Bore-Up Kit

Nah kalau yang ini paling spesial. Selain sudah 4 klep, DOHC juga mekanisme menggunakan sistem Desmo sepeti di Motor Ducati. Sistem ini akan mencegah klep buang maupun hisap bertabrakan di putaran tinggi. Mekanismenya klep akan tebuka setelah di tonjok bubungan camshaft yang terhubung pelatuk klep dan akan tertutup setelah ditarik oleh pelatuk klep laiinya tetapi masih pada camshaft yang saja. Makanya camshaft agak berbeda dengan camshaft DOHC konvensional seperti yang nomer2. Ribetnya jelasiinnya 😀 Mekanisme ini tidak membutuhkan per klep lagi, hanya per untuk membalikkan pelatuk ke posisi awalnya. Jadi beban mesin lebih ringan, otomatis putaran mesinpun lebih tinggi dan power lebih besar…. begitulah kira-kira 😀

4. Sistem Transmisi

Sistem trasmisi merupakan elemen penting bagi mesin yang telah memiliki tenaga besar. Sistem trasmisi yang baik akan meminilisir tenaga yang terbuang dari mesin untuk disalurkan ke roda belakang. Bebera part dari Takegawa mulai dari mengubah kompling dari otomatis menjadi manual. Kalau ini udah banyak dimodifikasi oleh tuner lokal untuk bebek balap.

Yang lebih advance yaitu merubah sistem tariknya, kalau yang konvensional masih menggnakan kabel kopling, kalau ini buatan Takegawa sudah yang menggunakan sistem hidrolik, sistem ini menggunakan oli seperti rem hidrolik. Sistem ini akan memperingan tuas kopling, apalagi bagi yang biasa melewati daerah macet atau menggunakan per racing yang keras tentu sangat membantu.

Yang paling advance tentu sistem kopling diatas. Selain menggunakan sistem kopling hidrolik juga sudah menggunakan kopling kering (dry Clucth) seperti yang terpasang di motogp atau moge. Sistem ini mempunyai keunggulan anti slip dan lebih cepat adem karena langsung kena angin, tetapi kelemahannya yaitu berisik karena tidak terendam oli.

Semua sitem kopling diatas masih bisa dipadukan dengan per kopling racing yang lebih keras, kampas kopling racing yang anti slip plus close ratio untuk memberikan hasil lebih maksimal lagi.

Sumber : http://www.takegawa.nl

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 18 Juli 2011, in Motorsport, Teknologi. Bookmark the permalink. 36 Komentar.

  1. harganya yg gelo -_-‘
    DOHC kit harganya hampir 20 juta….
    tapi keren sih 😀

  2. kopling kering agak bahaya kalo dipake di sini. banyak orang jahil. saat parkir dikecroti oli bisa runyam urusane

  3. Toooooopppppppp Buat Mekanik JAPAN……

  4. mas gambar mesin yang di atas itu sampai brp mas harganya

  5. Buat KLX150cc berapa harganya Gan ?

  6. mas itu mesin yg diatas kira-kira berapa ya????

  7. UNTUK KAZE R 110 BISA G Y GAN?KLO BISA BRP HARGANYA?

  8. Kalo Pingin beli part-part Takegawa, silahkan kontak admin grup FB Penjahat Bore-Up di http://www.facebook.com/groups/106056604903/

    tuh motor adminnya udah pake Takegawa Dry Clutch + 6-Speed Cross mission

  9. gan, apa ada yg bisa bt blitz?
    kisaran harganya brp y?hehe

    oy, trz ad yg tw jual piston keramik ma ring piston keramik dmn y?hehe
    xoalnya dnger2 bgus tu

  10. bro bisa kasih tau berapa harga Takegawa +R Superhead 4 Valve Bore Up Kits dari yang 125,138,178,…..trus bisa pesan dimana,,,..tq

  11. daftar harga nya ada ga,gan,,,,

    • Nah Lo…
      kan diatas udah ane kasih link ke http://japan.webike.net, kalo pingin tau detail harga yah langusung ajah klik link tersebut, cari merk SP TAKEGAWA n pilih type motornya..
      Langsung deh muncul semua list part-nya..
      Kalo nyari di Indonesia sampe nyungsep gak bakalan ketemu deh..
      Kalopun minat, ane juga bisanya bantuin datengin doang, gak mampu jualan coz harganya minta ampun…

  12. Mau pesan takegawa lewat saya jg boleh. Mau liat takegawa punya ksr saya silahkan add di facebook saldy gani. Untuk ksr saya pakai takegawa hyper s stage 138 cc. Oil cooler takegawa, rating dan stop lamp takegawa, racing stand, kabel rem depan belakang, gas kontan dll.

  13. Takegawa DOHC Bore-Up Kit
    kira” berapaan harganya bang???

  14. gann, ada jual piston diameter 64,5-65 mm dengan PIN piston ukuran 13 enggak????? tolong call saya,,, mohon di bantu, 087716907119

  15. Hi sy nak mintak harga untuk piston hi comperation saiz 56mm untuk Honda

  16. harga Takegawa DOHC Bore-Up Kit nomer. 2 berapa mas brow

  17. Kyknya part ni sama yg ane tonton di ytube jdlnya “race build motorcycle”

  18. mas mau tanya harga head takegawa yang klep 4 buat tiger brpa? ada gak brang nya?
    tlong di bantu

  19. Αϑα ga kolping kering yg kaya honda grand itu buat kharisma brp harganya? klo αϑα bisa bli ϑι mana boz? Ini no tlp ane 089637453917 urgent Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª mas bro! :pƗƗe̲̅e̲̅º=DƗƗe̲̅e̲̅≈=DƗƗe̲̅e̲̅:p..!!!

  20. fikri_dzulfahmi@yahoo.com

    25jt itu satu bundel tinggal pasang atau bagian2 tertentu aja.
    mkasih

  21. Manteb nie….tp itu takegawa desmo 4v kwt bwt harian g y dan bs utk di pasang di honda revo 110 g y???trs klo mau beli dijkt…dmn y??

  22. saya mau pesan hedkit boring, buat honda gren?

  23. Part buat c series yg head 4 valve sama kopling kering kena brpa om

  24. utk krukas takegawa buat hinda grand maksimal stoke brapa yah?

Tinggalkan komentar