Kalau CBR 250 ART VS Ninja 250 Spek FFA/OMR, Gimana Kira-Kira Hasilnya?

OMR Ninja 250, Pict : otomotifnet.com

Sekedar berandai-andai, seandainya kalau regulasi kejurnas sport 250 dibebaskan, gimana hasilnya? Melihat fakta bahwa OMR Ninja 250 menggunakan regulasi bebas, tidak ada batasan botot minimum, pelek boleh ganti, karburator boleh ganti serta mesin boleh di bore-up hingga 300 CC. Oleh karena itu beberapa team papan atas pengguna Ninja 250 menyiapkan dua motor, 1 untuk OMR dan 1 untuk kejurnas. Kalau regulasi kejurnas dibebaskan maka akan menghemat pengeluaran team, cukup menyiapkan 1 motor saja, bisa dipake saat OMR maupun kejurnas.

Hari minggu kemarin race OMR Ninja yang dilaksakan siang hari, cuaca cukup bagus dan trek kering, sangat ideal untuk memaksimalkan performa motor. Data ini kita bandingkan saat warming-up kejurnas sport 250 yang dilaksanakan pagi hari, treknya pun masih kering, gimana hasilnya?

Via TMC.Blog kita dapatkan data best lap CBR 250 ART saat warming-up, best lap Denny adalah 1:49,373 sedangkan Wawan berkisar 1 menit 52 detik. Bandingkan dengan best lap pemenang OMR Ninja 250, Hendra Rusbule yaitu 1:51,627 atau Joseph Kevin yang mendapatkan fastest lap saat OMR Ninja yaitu 1:51,620. Bandingkan juga data fastest lap OMR Ninja 250 tahun lalu yang dicetak Danu Andry yaitu 1:49,755.

Artinya Honda CBR 250 masih berimbang dengan spek Ninja 250 OMR malah lebih unggul o,382 detik dengan fastest lap tahun lalu. Hmm…. kalau menggunakan regulasi bebas dipastikan jarak pembalap akan rapat-rapat. Tapi balapan kan tidak hanya tentang best lap, tapi juga akselerasi dan kecepatan saat rolling start. Mungkin saja CBR unggul saat akselasi dan kecepatan saat rolling speed tapi Ninja 250 akan unggul top speed di trek lurus. Gambaranya saat memasuki trek lurus CBR akan ngacir duluan karena unggul akselerasi namun menjelang akhir trek lurus Ninja 250 bisa dekat kembali atau mengovertake CBR karena unggul top speed. Apalagi race kejurnas Sport 250 lebih panjang yaitu 16 lap dari pada race OMR Ninja 250 yang hanya 8 lap. Balapan lebih panjang tentu butuh startegi khusus. Tunggu dulu pembalap OMR Ninja juga masih pembalap lapis kedua, gimana kalau yang bawa sekelas M.Fadly, nah lo kalau yang ini saya ramalkan akan seperti balap Indoprix, pasti sangat-sangat ketat. Teorinya pembalap lapis pertama atau papan atas bisa memangkas lap time hingga 1 detik. Yah perubahan regulasi tidak bisa secepatnya mungkin saja tahun depan baru dibebaskan.

About these ads

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 24 April 2012, in Motorsport and tagged , , . Bookmark the permalink. 49 Komentar.

  1. bagus juga, tapi cc tetap 250.

    dari catatan diatas apakah bisa disimpulkan bahwa cbr lebih cepat meski tanpa regulasi selisih bobot 25kg? ditambah lagi posisi ninja sudah 300cc.

  2. untuk analisa lebih jauh bisalah kita juga memilkirkan faktor ridernya juga . .. kalao mau dapat data lebih mantab bisa digunakan satu rider saja . .. dia yang test cbr dan dia juga yang test ninja 250R . .. nah gimana?

  3. ternyata meski bobot gak dibatasi tetep kencengan CBR ya bro..??

  4. meamng selisihnya tpis bgt y bro.. hsilnya ditentui many factor..

  5. Kelihatan banget dari data ini kesiapan tim ART dgn CBR250

  6. Dulu pernah liat video di youtube tentang komparasi cbr 250 vs ninja 250 yang diadu drag di trek lurus, emang bener akselerasi cbr 250 bengis banget saat start bisa leading, namun itu cuma berlangsung sampai gigi 3 aja, setelah gigi 3 lewat ninja ngibrit jauh banget..
    Dari fakta tersebut jadi berasa aneh aja kalo liat gap yang segitu jauh antara cbr 250 dengan ninja 250 yang nyampe belasan detik, bukannya ane underestimate sama cbr 250 lho ya karena masing2 baik cbr 250 maupun ninja 250 punya potensi untuk menang, namun kembali kalau liat gap yang sebesar itu jelas bisa disimpulkan ada sesuatu yang tidak wajar, entah itu regulasi, persiapan tim sendiri maupun pembalap atau bisa faktor2 lain..

    • yah.. mas bro… teknisinya kan juga ngaruh…. persiapan…
      skill utak atik mesin… ntuh….

    • Mas ini ga liat cbr lain kali ya, tuh tim honda banten malah keok juga kan sama ninja..

      Ini ngomongin cbr ato tim art sih? Cbr art special mas, mereka emang build the bike, not just the engine, tuh liat sok belakangnya aja ohlins yang puluhan juta.. Berati emang niat balap, dan ga setengah2..

      • Lihat post sebelumnya, Honda Bnaten ngak nuruni CBR, yg ada Oei Racing nuruni Wahyu Widodo dan M Nurgianto, wahyu finish no 5 malah best time masih lebih kenceng dari CBR ART

    • yang pasti ART persiapannya lebih matang, Ninja ngak tau terlalu pede atau ngeremehin jadi kurang persiapan…

    • Ente newbie ya di motor???

      Spek CBR250R ART itu ubahannya udah pol makanya Ninja ga ada apa2nya:
      POWER sktr 40-an hp, torsi 30 lbh.

      ECU ganti, steering damper Ohlins, dsb. Ninja dilibas terus di tikungan, di trek lurus jg ga beda jauh dg power motor segitu!
      VIDEO KOMPARASI di Youtube itu motor standar/ubahan awam. INI KOMPETISI PROFESIONAL BUNG!

  7. Sori OOT…
    aspalnya sentul kok masih ada tembelan semennya apa gak di aspal ulang secara keseluruhan??

    • Belum masbro, baru dicet, dibenerin krebnya, trek cuman di siram konsentrat

      • tap yg di straight kykny udah ya. kok warnanya beda lebih item, g kyk yg deket tembok pitbox, moga cepet dgarap aja, biar naik levelnya, trus saran aja klo mau duulin ke yg punya jg boleh, bagian tembok juga di kasih pagar kawat pembatas, dan kerb yg warna ijo2 bisa di tambah soalnya biar ada space buat rider or driver klo melebar gk lgsung masuk gravel, kyk di sirkuit2 modern macam Misano dll..

  8. kalo balapan nggak standart ituh semua bisa terjadi….
    banyak aspek untuk bisa menang….

  9. harusnya ninja menang karena dibekali 2 silinder.ibarat punya 2 tenaga sedangkan cbr cuma 1 tanaga.
    klo ninja tetep kalah ya tanda tanya…???

  10. Sipp sama2 kenjang pasti kyk pasar senggol..

  11. Masa dah 2 silinder, terus boleh bore up jadi 300cc, lawan 1 silinder 250 cc murni.. Ckckckckck.. Yang benar saja!!

    Yang bener itu benerin tuh regulasi omr ninja, masa boleh bebas 300cc, itu hanya menguntungkan tim besar, tim privater pasti ketar ketir lah.

    Dan di regulasi kejurnas juga karbu ninja boleh di ganti, kan ada batasan diameternya..

    Sekali lagi, regulasi omr ninja tuh yang ngawurrr…

  12. kawasaki manual tech baru fokus seri kedua, percuma dibahas, dan seri kedua nanti ART KO

  13. menang ya menang, kalah ya kalah.. kedepannya cari peluang untuk bisa menang..

  14. yang pasti manual tech belum full fokus kelas 250cc, gak kayak Team ART,build engine total, jadi masih bertahap,.so hati2 aja,racikan pakdhe,

    • bkan manual tech nya yg belum fokus, tapi pabrikan kawasakinya, ngasi motor ke team baru hari jumat sabtu udah kualifikasi, ya ngak mungkinlah 1 hari bisa ngebangun motor yg kompetitif…

  15. uda buat aja balapan stok bike gitu aja repot
    lagian berat motor OMR enga ada, spek part OMR dan ART jg enga ada gmana bisa jadiin tolak ukur buat perbandingan ?
    balapan 16 lap
    tiap lap lebih cepat 1 detik aja uda 16 detik om ;)

  16. m dwi satria dah gak turun 600cc lg ya? apa pindah team

  17. Tim Kawak harus riset serta siap smua sebelum lomba spy menang…tim ART sdh memberi contoh, bagaimana menjadi sebuah tim juara….jd skarang mari dukung balap di Indo spy lebih semarak & banyak menghasilkan tim serta pembalap2 hebat…..God Bless Indonesia…

  18. Kaya’nya banyak faktor yah yg bikin CBR mumpuni…Injeksi lawan Karbu lha piyeee?? belum lagi shock…bikin anteng tu CBR ngasepin Ninin…apalagi tim ART sempet ikutan di Asean Dream apalah lupa…ya secara ga langsung dapet ilmu nyeting lah dari HRC ama Moriwaki…yah kalo mau head to head sih Astra vs MTech susah bejaban soal “fuluss”…bukan membela CBR, tapi ane rasa makin banyak fulus, kmungkinan menang makin banyak…kan fulus buat riset macem2…ya pembalap, ya mekanik, ya transfer ilmu…Trakhir harusnya menyamakan regulasi dari mulai A sampai Z…kayak karbu lawan injeksi, biar adil harus sama rata…!

  19. Saya heran ma kawasaki,motor harian dibuat race sport,begitu suruh race Moto GP tidak bisa apa-apa alias belakang sendiri.

  20. putaran 2 aj best time saat race ninja 1 menit 50 detik, sdngkan cbr 1 menit 51 detik. Kl setingan bagus dan ridernya jg bagus mngkin ninja 250r bisa pangkas 1-2 detik lagi

  21. uda,., ninja aj yang menang , honda jual matic aj sono,.awkwk ,, ngluarin mtr 250 jg cm model banci :P

  22. CBR Club…bro klo udah kalah udah ga usah banyak alasan, bukti nyata di lapangan….jelas2 kalah ko…di MOTO GP aja kawasaki ga nongol tuh….suaranya aja kaya moge larinya kaya kura2….

  23. 1 selinder aja udah kenceng apalagi,,2 selinder tambah jauh aje…dari dulu ga ada sejarahnya kawasaki bisa menang di GP..yang ada malah di degradasi..

  24. jay : betul bro..kawasaki jago kandang…jago jalan raya..sok selinder 2…

  25. V.Rossi aja ogah deh..klo suruh pindah ke kawasaki…senasib tuh sama suzuki…

  26. heheh bro suka liat sbk ga??? liat standingnya….ini balapan beneran bukan prototipe ala motoGP

  27. top banget analisanya, saya tetap memilih CBR 250 ART ketimbang ninja 250.

  28. ..kejurnas seri ke-5 , cbr tetep pemenangnya iks.. gimana tuch….

  29. pecinta cbr 250

    1cilinder ckup buat nangani 2cilinder…byangiin aj honda ngeluarin 2cilinder…hehehe….nyaman dpat,irit dapat,racing dapat,gaul dapat,harga wajar,gak liar juga,males mw sebut..:D

  1. Ping-balik: Your Questions About New Technology Motorcycle : ATAVENTURES

  2. Ping-balik: Kawasaki Boikot Seri 2 IRS? Harusnya Ada Revisi Regulasi « Luthfi Aziz's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 697 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: