Berapa Kira-kira Power Ninja 250 Agar Berimbang Lawan CBR 250 ART
Baca tabloid Motor Plus Edis no.687/XIII edisi minggu ini, hal 8 mengenai modifikasi Honda CBR 250 milik team Astra Motor Racing Team (ART). Ada yang menarik pada artikel terakhir disebutkan bahwa hasil pengujian power Honda CBR 250 milik ART kini 36 dk. Sedangkan power standar Honda CBR 250 on-wheels sekitar 21,5 sampai 22,3 dk. Modifikasi yang telah dilakukan Pak Benny Djati dkk berhasil menaikkan power CBR sebesar 13,7 sampai 14,5 dk, berarti kenaikannya sekitar 61% 65 %. Cukup tinggi untuk riset yang belum lama.
Kalau kita menghitung Power to Weight Ratio (PWR) Ninja 250 VS CBR 250 spek kejurnas. Bobot menurut regulasi kejurnas 250 adalah 1 cylinder 137 kg – 2 cylinder 162 kg . Maka bisa kita hitung PWR CBR 250 ART; (36 dk/137kg) = 0,26. Menggunakan data PWR ini mari kita hitung power yang dibutuhkan Ninja 250 : (0,26 x 162kg) = 42,12 dk. Sedangkan power standar Ninja 250 on wheels sekitar 25 dk. Berarti team tehnik Ninja 250 harus menaikkan power sekitar 17,12 dk atau 41 % 68%.
Saya tidak punya sumber data mengenai power Ninja 250 spek kejurnas saat ini. Namun yang pasti dengan gap yang jauh saat race kejurnas 250 IRS minggu lalu pasti power Ninja 250 masih dibawah 42,12 dk. Berdasarkan perhitungan usaha yang dibutuhkan untuk mendongkrak power Ninja 250 tidaklah sebesar CBR 250, selisihnya mencapai 20% hampir sama dengan CBR 250 hanya selisih 3%. Tetapi dengan regulasi yang banyak dibatasi untuk mesin 2 silinder hal tersebut menjadi tidak mudah. Jadi lebih mudah mana merubah regulasi (misalnya bobot minimum) atau menambah power???
Posted on 27 April 2012, in Motorsport and tagged kejurnas sport 250. Bookmark the permalink. 34 Komentar.
Salut bung Luthfi…ulasan dan analisa yang tajam!!
Pembalap dan tuner ninin250 dimasa sebelumnya dimanjakan peraturan dr KMI yang terlalu bebas, dan mereka sebenarnya belum pernah bertemu lawan team proffesional sekelas ART atau Manualtech, dll. Dari bincang2 dengan seorang crew ART, dikatakan bahwa sebenarnya ART memperkirakan/ mengantisipasi power ninin bisa sampai 44HP dengan spek sekarang. Dulu kalau tidak salah Star motor pernah juga mengerjakan ninin250 sehingga mereka tahu potensi yang sebenarnya yang tersimpan di motor itu. Kesimpulannya : team2 Kawak belum mengerjakan PR mereka…malah koar2 menyebut peraturan tidak fair dll. Daripada koar2 ngga penting, sono kerja lagi, korek lagi
kaga boleh dikorek om, regulasi mengharuskan ninja semua “serba standar ting2”, cuma boleh pake obeng dan jari 😛
dioprek nyampe 42 hp bukan lah hal yg susah buat mesin ninja 250,apalagi klo udah injeksi bisa lebih jauh malah 😀
tinggal profesionalitasnya tim2 kawasaki yg harus diasah ulang
betul skali bang….tim2 kawak..gih riset lagi….:))
handicap beratnya terlalu parah, berat bakal setara moge, tapi powernya nggk ada
wah berarti pake mito125 dg sdikit kilikan dah kelenger ya N250 n CBR250, standar GP125 kalo gak salah skitar 55-60hp on wheel, jd masih jauh dari spek world motorsports
kenapa kalo tret bermutu gini sepi yah….padahal buka mata bgt….
maklum masbro, bloggernya belum terkenal… 😀
harus menaikan power ninja 41%.? kalau 17dk dari 25dk bukannya 60an% ya?
Atau 41% dr 42dk?
Cmiiw
thanks masbro atas koreksinya, maklum pas bikin artikel tengah malam, jadi agak ngantuk…. 😀
menyepelekan single cylinder
kalo cuman jadi 44 dk sih ninja 250 gampang aja sih. Yang perlu diperhatikan setting suspensi dan handlingnya itu jauh lebih penting. Biar jadi pengalaman aja buat kawasaki kalo mereka gak profesional bakal dilibas sama honda art,
klu regulasinya bebas memang ngak sulit, tapi regulasi mengharuskan diameter karbutator dan ukuran klep standar, ini yang bikin sulit untuk mendongkrak power
nah gini kan jelas PWRnya dah timpang
naekin power ampe 50% keatas ?
sekalian aja turunin er6 standar 😀
ya jelas ubah regulasi lah cara paling mudah dan murah, PWRnya harus imbang klo enga, beda dibawah 5% mase bisa ditolerir
ngorek ninja agar bisa ngelawan ART gak smua team mampu, kemungkinan Cuma MNUAL TECH yang bisa, kan gak mudah
ulasan yang mantab,, mungkin juga power bukan segala nya om di sirkuit..
klo kalah seharusnya legowo dan mencari cara agar bisa menang di race berikutnya baik dengan berlatih ato oprek sana-sini (seperti tim2 di motogp – mau tim prototype, CRT ato privater sekalian), dan bukannya mewek dan mencari – cari alasan kenapa kalah di race sebelumnya. toh potensi ninja 250 belum keluar semuanya
PWR
. weleh2
http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/27/sinnob-hadirkan-inovasi-baru-tanpa-rantai-pakai-v-belt-kayak-harley-davidson/
Klo menurut ane … PWR seimbangpun akan percuma klo perbedaan berat total cukup besar … Power lebih gede dg bobot yg lebih berat akan menyulitkan pengendalian, ban akan cepat botak, rem lebih panas…. akselerasi + rolling speed kedodoran krn berat… Belom rasa pegelnya stamina cepet merosot … … Harusnya selisih berat max 1,5 kg (mengacu WSBK. Ducati selisih 200 CC dr 1000 CC,berat ditambah 6 Kg …>>> 250 CC = 1/4 x 6 Kg). Dulu dikejurnas Suzuki pake RG Sport 110 CC (mesin tegak made in Malaysia) buat kawan Yam F1-ZR … tanpa tambahan apapun ???. Padahal Suzuki punya Tornado yg speknya sama dg Yam F1-ZR yg sama sama made in Indonesia). Makanya yg buat aturan main harus orang yg betul betul mengerti. Gan…. supaya ga timbul protes…
gpp justru klo dah imbang skil pembalapnya yg kluar, bukan skill motornya 😛
Bagaimanapun akan susah membuat peratrurannya jika para peserta didalamnya berbeda spesifikasi dasarnya, pasti ada pro dan kontra. Dulu di era 2T paling gampang ada NSR150, KR150, RG150Gamma dan TZM150…semua setara! Di FARRC dulu ada kelas 250cc 2T juga, ada TZR250, RGV250, NSR250, KR-1SP..itu seru abiezz dah…..
melu mumet
yYang perlu kita tahu, bahwa naikin power Ninja menjadi 44 dk, akan sangat sulit dengan regulasi yang ada, dimana klep harus standar dan karbu max. 28 mm (non vacuum).
Sebagai pembanding untuk mendapatkan power 22 dk, bebek 125 cc ( yg notabene 1/2 nya dari 250cc)harus merubah diameter klep selain karbu 28 mm.
Silahkan dianalisa lagi…..
yang perlu anda tahu, klep standar ninin 22mm x 2 yang artinya luas areanya jauh lebih besar dari bebek yang sudah dimodif (sekitar 29mm). Dan sebenarnya ninin boleh pakai karbu 34mm vacum, entah mengapa malah pakai 28mm (pilihan yang aneh menurut gw).
28 mm itu klu non vakum atau pake skep misalnya keihin PE 28, PWK 28 atau Mikuni TM 28 pake 2 biji, klau pake vakum mak 34 mm misalnya keihin CVK 34 atau Yoshimura CVK 34 tapi harganya mahal sekitar 10-13 juta, rata2 pengguna ninja masih pake karbu standar Keihin CVK 30 paling di reamer jadi 32 smpai 34 mm, karbu vakum itu lemot bos dari pada karbu skep itu mengimabanginya makanya diameternya kudu lebih gede
kayaknya perlu bikin cbr 250 2 silinder dan 1 silinder deh baru imbang.dan banyak pilihan untuk yang mo beli cbr
klw ninja injeksi gimana, sanggup nggk cbrny, kan lebih mudah dioprek pke laptop tuh….
Karbu vacuum lemot? :
1. Di Sentul hampir selalu buka full, jadi pergerakan vakum sebenarnya tidak banyak.
2. Kalau carbu vakum ukuran 34mm terbuka sebesar +/- 70% saja luasnya mungkin sudah sama dengan karbu 28mm dibuka full…
bukan masalah bukanya, tapi kecepatan bukanya, skep lebih responsif dari pada vakum apalagi buat start dan keluar tikungan, klu ngak salah belum ada karbu skep buat motor 2 silinder, klu pake yg biasa repot nyetingnya kan setingnya disamping bukan di atas
baca ini http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/05/08/318942/235/27/Karburator-Konvesional-Vs-Vakum-Antara-Tarikan-Dan-Irit
Menurut saya skill pembalap nya kawasaki juga kurang, pembalap ART sudah dari awal main balap profesional yang tenaga bebeknya setara = pintar memaksimalkan tenaga, sedangkan pembalap kawasaki kecuali Fadli kebanyakan main di OMR yang dimanja power besar sehingga kurang terbiasa memaksimalkan power minim, tunggu Fadli dan manual berbenah aja biar bisa bersaing.
bener tuh tunggu sampe manual tech, mengexplore semua power ninja 250,so screamer
menurut sy n250 tim hrs lebih variatif dlm nyeting motor.kl soal jokix sy rasa da ga usah dkomen.mereka da pux skill balap sendiri2.sukses balap mtr indonesia.!!!!
Hahahaaa…kaya balap liar aja aturane…power siapa paling besar maka dia yg menang…..sama bobot motor tentunya yg paling ringan…..setau saya roadrace adu skill joki bukane motorny…kapan dia ngerem,kapan dia buka gas,kapan dia nyalip dll…la kalo aturane kok dari selisih tenaga aja segitu besarnya balapan tetep aja dilaksanakan,ndagelll!!!la yo sama aja mx lawan fu…nganti modiarrr mxny g bakal bs ngejar…atau regulasine dari pabrikan gak usah diotak atik aja dech tuch motor ninja ma cbr…mesti honda juga akan protes…selain ganti knalpot…akal2an!!!
sekarang power cbr art tembus 45 hp bro. sedangkan ninja berkutat di 36-37 hp. selisih begitu besar jelas aj keok terus disamping itu cbr lbh ringan 25 kg. modyar ninja. cbr fastest lap stabil di 1 menit 46 detik sedangkan ninja mentok 1 menit 48 detik. gp moriwaki 1 menit 44-45 detik. nah loh hanya beda 1-2 detik dg spek moto3.
harusnya motor spek kejurnas yg dijual umum. pasti laris manis wlpun harga nyampe 75 jutaan yg ptng kencang….setara moge 400 cc 2 silinder