Regulasi teknik kejurnas 250 2012
Bersamaan dengan seri terakhir Indospeed Race Series (IRS) 2011 kemarin, pihak Indospeed merilis regulasi teknik untuk kejurnas 250 tahun depan. Regulasi ini disusun untuk memancing pabrikan lain diluar kawasaki dengan Ninja 250 untuk turun balapan. Ada opsi perubahan jika memang persaingan belum seimbang.
Berikut regulasi teknik kejurnas 250
- Cam Shaft, Rocker Arm beserta bahanya bebas
- Spring Valve (Per Klep) bebas
- 1 Cylinder valve inlet (klep masuk) diameter maksimum 32 mm
- 2 Cylinder valve inlet standard
- Sprocket Cam Shaft bebas
- Motor yang menggunakan Carburator : CDI, Coil, Magnet, (Pengapian) Bebas, Wiring Body bebas
- Motor yang menggunakan Injection : ECU Bebas Fuel system Bebas, Wiring Body bebas
- Spark Plug dan Gasket bebas
- Porting dan Polish bebas
- Knalpot bebas, boleh full system dan bahan bebas
- Brake line bebas
- Bahan kanvas rem bebas
- Velg standard
- Kapasitas silinder : 250 cc untuk 1 atau 2 cylinder
- Berat minimum kendaraan dengan BBM, oli, dan isi radiator (minus pembalap): 1 cylinder 137 kg – 2 cylinder 162 kg (selisih 25 kg), lebih ngak papa, kalau kurang harus diberi beban tambahan
- Piston bebas tetapi menggunakan 3 alur ring
- Carburator : 2 cylinder 34 mm vacum atau 28 mm non vacuum, merek bebas, jika menggunakan injection maksimum throttle body 34 mm
- Carburator: 1 cylinder 46 mm injection type bebas, throttle body merek bebas
- Radiator bebas dan boleh dipasang oil cooler, tetapi air radiator tidak boleh menggunakan Coolant
Beberapa catatan mengenai regulasi tersebut:
- Tahun ini memboleh kan bore-up hingga 300 cc tetapi mulai tahun depan wajib kembali ke 250 cc
- Velg tahun ini bebas bahkan ada yang memakai velg magnesium marchesini, tahun depan kembali ke velg standar
- Berat ninja 250 standar 169kg, kalau mengikuti berat minimum artinya diet 7 kg
- Berat CBR 250 standar 161 kg (non ABS) – 165 kg (ABS), berati kudu diet 24 -28 kg
Posted on 5 Desember 2011, in Motorsport and tagged IRS, kejurnas 250. Bookmark the permalink. 16 Komentar.
Sip
Manteb smoga tahun depan rame
atraktif..
nice info
mantab bro! kalo bisa regulasi sport 150cc juga bro. pleaseee 😀
blogku bagus, baca jg http://duaribuan.wordpress.com
ulasan yg menarik
tahun ini boleh bore up 300 cc maksudnya gimana?
iya regulasi 2011 boleh bore-up sampai 300cc, tahun dpan hanya 250cc
mantabhhhhhhhhhhhhh
http://blogbikers.wordpress.com/2012/01/05/tips-sederhana-perawatan-motor-berkelir-putih/
Ping-balik: Regulasi kejurnas 250 berubah, Ninja 250 terancam turun tahta « Smartf41z
Ping-balik: Perubahan Regulasi Tahun 2012 kejurnas 250 cc Semakin Adil « TMCBlog – Motorcycle News
Ping-balik: Honda CBR 250 ART sudah tembus 1:53:XX, kompetitor kudu wapada… « Luthfi Aziz's Blog
Ping-balik: Berapa Kira-kira Power Ninja 250 Agar Berimbang Lawan CBR 250 ART « Luthfi Aziz's Blog
Ping-balik: Revisi Regulasi Kejurnas 250, Sudah Cukup??? « Luthfi Aziz's Blog
Ping-balik: Akan Ada Kawasaki Ninja 250 satu silinder..? | Bakul Kangkung Jpr