Regulasi teknik kejurnas 250 2012

Bersamaan dengan seri terakhir Indospeed Race Series (IRS) 2011 kemarin, pihak Indospeed merilis regulasi teknik untuk kejurnas 250 tahun depan. Regulasi ini disusun untuk memancing pabrikan lain diluar kawasaki dengan Ninja 250 untuk turun balapan. Ada opsi perubahan jika memang persaingan belum seimbang.

Berikut regulasi teknik kejurnas 250

  • Cam Shaft, Rocker Arm beserta bahanya bebas
  • Spring Valve (Per Klep) bebas
  • 1 Cylinder valve inlet (klep masuk) diameter maksimum 32 mm
  • 2 Cylinder valve inlet standard
  • Sprocket Cam Shaft bebas
  • Motor yang menggunakan Carburator : CDI, Coil, Magnet, (Pengapian) Bebas, Wiring Body bebas
  • Motor yang menggunakan Injection : ECU Bebas Fuel system Bebas, Wiring Body bebas
  • Spark Plug dan Gasket bebas
  • Porting dan Polish bebas
  • Knalpot bebas, boleh full system dan bahan bebas
  • Brake line bebas
  • Bahan kanvas rem bebas
  • Velg standard
  • Kapasitas silinder : 250 cc untuk 1 atau 2 cylinder
  • Berat minimum kendaraan dengan BBM, oli, dan isi radiator (minus pembalap): 1 cylinder 137 kg – 2 cylinder 162 kg (selisih 25 kg), lebih ngak papa, kalau kurang harus diberi beban tambahan
  • Piston bebas tetapi menggunakan 3 alur ring
  • Carburator : 2 cylinder 34 mm vacum atau 28 mm non vacuum, merek bebas, jika menggunakan injection maksimum throttle body 34 mm
  • Carburator: 1 cylinder 46 mm injection type bebas, throttle body merek bebas
  • Radiator bebas dan boleh dipasang oil cooler, tetapi air radiator tidak boleh menggunakan Coolant

Beberapa catatan mengenai regulasi tersebut:

  • Tahun ini memboleh kan bore-up hingga 300 cc tetapi mulai tahun depan wajib kembali ke 250 cc
  • Velg tahun ini bebas bahkan ada yang memakai velg magnesium marchesini, tahun depan kembali ke velg standar
  • Berat ninja 250 standar 169kg, kalau mengikuti berat minimum artinya diet 7 kg
  • Berat CBR 250 standar 161 kg (non ABS) – 165 kg (ABS), berati kudu diet 24 -28 kg

About Luthfi Aziz

Masih newbie bloger, menyukai hal-hal yang menantang, hobi di bidang sains dan motorsport...

Posted on 5 Desember 2011, in Motorsport and tagged , . Bookmark the permalink. 16 Komentar.

Tinggalkan komentar